Life Style

Gimana Cara Menghilangkan Kebiasaan Menunda? Ini Triknya!

ZETIZENS.ID – Menunda adalah kebiasaan yang sering dilakukan sebagian orang. Banyak alasan yang membuat orang lebih menyukai menunda dibanding mengerjakan secepatnya, seperti merasa masih memiliki waktu yang banyak, lupa, atau menghindari kegiatan yang menurutnya sulit dan lebih memilih untuk bersenang-senang

Orang yang suka menunda-nunda biasanya akan melakukan pekerjaan mepet tenggat atau bahkan bisa sampai terlewat.

Hal tersebut sangat buruk karena membuat citra diri tidak disiplin dan mempengaruhi produktivitas sehari-hari.

Untuk itu, ini dia tips menghilangkan sifat menunda

1. Prioritaskan Tugas: Susun daftar pekerjaan berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensinya. Fokuslah pada tugas yang paling penting terlebih dahulu, sehingga pekerjaan utama tidak terabaikan.

2. Atur Waktu: Buatlah jadwal khusus untuk setiap tugas dan pastikan untuk mematuhi jadwal tersebut. Dengan mengatur waktu, kamu bisa menghindari penundaan yang tidak perlu dan memastikan setiap tugas mendapatkan perhatian yang layak.

3. Temukan Tempat yang Nyaman: Pilihlah lokasi yang mendukung kenyamanan dan konsentrasi saat bekerja. Lingkungan yang tenang dan rapi dapat meningkatkan fokus dan efisiensi kerja.

4. Kurangi Gangguan: Hindari hal-hal yang dapat mengalihkan perhatian, seperti ponsel atau media sosial. Dengan meminimalkan gangguan, kamu bisa lebih fokus dan menyelesaikan tugas lebih cepat.

5. Gunakan Pengingat: Manfaatkan aplikasi kalender atau pasang catatan di tempat yang sering terlihat, seperti di samping tempat tidur atau di meja kerja. Pengingat ini akan membantu kamu tetap ingat dengan tugas-tugas penting yang harus diselesaikan.

Rasa lega yang ditimbulkan dari menunda akan tergantikan dengan rasa cemas karena banyak hal yang belum terselesaikan. Untuk mengubah kebiasaan menunda jangan dilakukan besok, atau pada tanggal tertentu, tetapi ubah dari hari ini, sekarang, setelah kamu membaca ini. (Aina)

Tulisan Terkait

Back to top button