Edu

Mahasiswa KKM 19 Universitas Serang Raya Melaksanakan Sosialisasi “Stunting itu penting” Kepada Link Kubil, Cipocok Jaya

ZETIZENS.ID – Stunting (kerdil) adalah kondisi gagal tumbuh pada anak di bawah 2 tahun yang disebabkan kekurangan gizi pada waktu yang lama (kronis).

Stunting sendiri terjadi sejak ibu mulai mengandung hingga anak usia 2 tahun, karena 80% pembentukan otak terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan.

Mahasiswa KKM 19 Universitas Serang Raya pada sosialisasi ini proker kesehatan mengundang beberapa narasumber yang bernama Sholeha Bekti MP, S.Gz dari Puskesmas Cipocok Jaya, untuk melakukan Sosialisasi “Cegah Stunting itu Penting”.

Sosialisasi tersebut membahas tentang perkembangan kondisi gagal pada anak di bawah dua tahun yang disebabkan kekurangan gizi pada waktu yang lama (kronis), apa bahayanya jika terjadinya stunting, kapan terjadinya stunting, bagaimana mencegah terjadinya stunting, intervensi gizi spesifik.

Selain itu bebas stunting dengan rumus ABCDE. Rumus ABCDE yaitu:
A = Aktif minum Tablet Tambah darah
B = Bumil teratur periksa kehamilan
C = cukupi konsumsi protein hewani
D = Datang ke Posyandu setiap bulan
E = Eksklusif ASI 6 bulan.

Menurut narasumber menerangkan bahwa, kebutuhan gizi itu dimulai dari ibu hamil, jadi selama kehamilan itu harus cukup, harus mengkonsumsi tablet tambah darah supaya tidak terjadinya anemia.

“Selama proses hamil itu bisa mencegah anemia dan pendarahan pas waktu melahirkan. Posyandu juga penting bagi kesehatan anak karena di situ juga bisa memantau pertumbuhan anak, apakah anak itu stunting atau tidaknya. Pada masa MPASI sendiri anak tidak boleh memberikan nasi sama kuah baso, jadi ngasihnyapun harus gizi seimbang. Jadi gizi seimbang itu ada “ISI PIRINGKU” di mana isinya ada makanan pokok. Makanan pokok itu meliputi nasi, bihun, kentang, sayuran, lauk pauk. Lauk pauk tersebut harus anak hewani dan nabati,” tukasnya.

Hasil dari sosialisasi tersebut proker kesehatan membagikan makanan bergizi kepada warga Link Kubil, dengan memberitahu bagaimana cara cara pencegahan stunting dengan mengonsumsi telor rebus 1 kali sehari,” jelasnya. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button