Edu

Mahasiswa KKM 19 2024 Universitas Serang Raya Melaksanakan “Sosialisasi Pencegahan DBD dan Pembagian Serbuk Abate”

Kepada Masyarakat Link Kubil, Cipocok Jaya

ZETIZENS.ID – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti.

Tercatat tahun 2024 sampai minggu ke 17 terdapat 88.593 kasus DBD dan kematian DBD sebanyak 621 kematian.

Kasus Dengue / DBD terlaporkan dari 456 Kab/Kota di 28 Provinsi. Termasuk wilayah Kecamatan Cipocok Jaya, yang dimana DBD lebih mudah menyerang pada anak-anak.

Mahasiswa KKM 19 2024 Pada sosialisasi ini Mengundang Narasumber dari Puskesmas Cipocok Jaya yang bernama Deiana Triseptiarani Ilma, S.K.M., M.K.M untuk melakukan “Sosialisasi Pencegahan DBD dan Pembagian Serbuk Abate”.

Sosialisasi tersebut membahas tentang :
bagaimana terjadinya DBD.
Gejala terjadinya DBD.
Diagnosa bagi yang terkena DBD.
Pengobatan DBD
Pencegahan DBD dengan 3M PLUS.

Alasan proker kesehatan memilih pencegahan DBD dengan pembagian serbuk abata, menurut narasumber Deiana Triseptiarani Ilma, S.K.M., M.K.M menerangkan bahwa “Penyemprotan pestisida untuk membunuh nyamuk, tapi yang dibunuh hanya nyamuk dewasa, kalau cara penyemprotan salah, itu malah bisa bikin nyamuknya kebal, malah nyamuk tersebut tidak mati. Dan kalau untuk penyemprotan fogging itu harus berkala, jadi harus dilakukan secara berkala, itu harus dilakukan di jam pagi jam 09.00 WIB -12.00 WIB kalau sore di jam 16.00 WIB – 18.00 WIB itupun harus menyeluruh, dari luar rumah sampai kedalam rumah, nanti efeknya itu luar biasa karena dia tidak memutus rantai DBD ini malah menimbulkan efek baru atau penyakit baru, yang nantinya bisa mengganggu pernafasan, apalagi bagi yang mempunyai anak kecil”.

Hasil dari sosialisasi tersebut proker kesehatan membagikan serbuk abate kepada warga Link Kubil, dengan memberitahu bagaimana cara menggunakan serbuk abate yang baik dan benar.

Dan warga Link Kubil Melakukan waspada Demam Berdarah cegah dengan 3M PLUS yaitu :
Menguras dan menyikat.
Menutup tempat penampungan air.
Memanfaatkan atau mendaur ulang barang bekas.
PLUSnya mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button