Highlight

Pasar Lingkungan, Keseruan Bertransaksi Digital sampai Operasi Pasar Pengendalian Harga

ZETIZENS.ID – Pagelaran Pasar Lingkungan di Pasar Banjar Asri, Kecamatan Cipocokjaya, Kota Serang, Banten berlangsung Jumat (24/11/2023).

Imaduddin Sahabat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten yang hadir di acara yang berlangsung pukul 06.00-09.00 WIB mengatakan, pihaknya berkolaborasi dengan pemerintah propinsi dan Kota Serang untuk bersama-sama mendorong kegiatan keberadaan Pasar Lingkungan ini.

Keberadaan Pasar Lingkungan ini jika konsisten dan berjalan, akan lebih efektif dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

“Kita ingin memasyarakatkan Pasar Lingkungan. Kalau ini berhasil, akan mengadakan Pasar Lingkungan di tempat lain,” jelasnya.

Imaduddin sempat membahas inflasi di akhir tahun yang cenderung naik. Pihaknya memastikan kolaborasi dengan pemerintah untuk pengendalian harga. Dia antaranya melalui operasi pasar seperti yang digelar di Pasar Lingkungan ini.

“Kegiatan hari ini pertama kali digelar. Di sini juga ada operasi pasar yang meliputi bawang, cabe, telur yang mulai agak naik. Ini yang kita dorong pada masyarakat bahwa pasokannya aman dan tidak perlu membeli berlebihan,” kata dia lagi.

Di Pasar Lingkungan ini juga, Bank Indonesia mengenalkan transaksi digital. Bagi masyarakat yang datang dan berbelanja di Pasar Lingkungan diharuskan memakai QRIS.

Nah, bukti transaksi discreenshoot dan ditunjukkan pada panitia dan akan mendapat voucer belanja senilai Rp100.00.

Cara seperti ini menurut Imaduddin untuk memotivasi masyarakat agar terbiasa dengan menggunakan alat pembayaran digital.

“Kadang-kadang masyarakat tidak mau coba karena belum tau. Dengan cara begini, diharapkan masyarakat jadi lebih tahu kalau transaksi digital seperti ini justru lebih mudah,” jelasnya.

Transaksi digital seperti ini tidak hanya menguntungkan pemerintah secara pendapatan tapi juga masyarakat lebih dimudahkan dalam berbelanja.

Pada even bertagline Juragan atau Jumat Bergerak Gelorakan Pangan ini diapresiasi Asda II Pemkot Serang, Yudi Suryadi.

Saat hadir di Pasar Lingkungan ini, ia mengucapkan terima kasih kepada Bank Indoneisa (BI) Banten yang bersinergi dengan Pemkot Serang untuk Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi, dalam rangka sosialisasi digitalisasi.

“Kegiatan ini masih berkaitan dalam rangka sosialisasi penggunaan digitalisasi yang sedang diprogramkan pemerintah khususnya Kota Serang. Diharapkan, para pedagang terbiasa menggunakan uang digital,” kata dia.

Dengan adanya masyarakat mengikuti kegiatan ini mudah-mudahan terus digalakkan kegiatan serupa di tempat lain.

Pasar Lingkungan ini dipadati masyarakat bukan hanya dari warga sekitar. Dimeriahkan dengan senam bersama dan bazar pasar, Pasar Lingkungan ini juga menyediakan doorprize perlengkapan elektronik. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button