Kuliner

Populer di Indonesia, Ini Loh Mulanya Onigiri Hadir

ZETIZENS.ID – Siapa sih yang tak tahu dengan cemilan onigiri? Makanan khas Jepang yang sudah populer sebagai snack di Jepang. Selain di Jepang, kuliner onigiri ini juga populer di Indonesia loh.

Rupanya, onigiri ini telah dimakan selama lebih dari satu milenium di negara tersebut dan pernah dibawa ke medan perang oleh samurai.

Makanan cepat saji yang satu ini kini bahkan dapat ditemukan di toko serba ada di hampir setiap sudut. Oleh karena itu mudah ditemukan, Onigiri sering dianggap sebagai makanan yang biasa-biasa saja.

Namun, dengan semakin banyaknya pengunjung yang datang ke Jepang, dan popularitas budaya pop negara tersebut yang semakin meningkat, onigiri kini juga menjadi pilihan makan siang di luar negeri.

Melansir dari laman Sinardaily, restoran nasi kepal tertua di Tokyo, Onigiri Asakusa Yadoroku, masuk dalam Michelin Guide 2019, sehingga menaikkan status camilan ini.

“Sejak saat itu, orang-orang yang menganggap onigiri sebagai makanan sehari-hari mulai melihatnya sebagai hidangan berkualitas,” kata Yusuke Nakamura, Presiden Onigiri Society Jepang.

Berdasarkan riset yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri Jepang, intensitas belanja onigiri dan produk beras olahan lainnya telah tumbuh sebesar 66% selama dua dekade terakhir di Jepang.

Pada tahun 2022, onigiri menjadi makanan siap saji kedua yang paling sering dibeli di Jepang setelah kotak makan siang Bento, menurut Japan Ready-made Meal Association. Selain itu, jumlah toko khusus onigiri meningkat dengan cepat.

Tren ini didorong oleh permintaan terhadap makanan yang bisa dibawa pulang (takeaway) selama pandemi dan juga inflasi, karena masyarakat memilih onigiri dibandingkan makanan di restoran untuk menghemat uang.

Salah satu market Indonesia turut menjual onigiri dengan harga sekitar Rp 8.000. Onigiri sendiri bisa dibuat dengan bahan-bahan yang murah dan sederhana. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button