Kuliner

Mudah & Praktis, Ini Dia Resep Cascaron Jajanan Khas Filipina Cocok Untuk Bisnis

ZETIZENS.ID – Di negara Asia Tenggara, banyak budaya dan kuliner hampir serupa. Meski demikian, banyak kuliner khas yang menjadi ciri khasnya tersendiri seperti di negara tetangga Indonesia yakni di Filipina.

Salah satu kuliner tersebut yakni wajik dan biko. Kedua kuliner ini berbahan dasar dari beras ketan yang dimasak dengan gula merah serta santan. Selain makanan ini, banyak jajanan manis khas Filipina yang bahannya seperti di Indonesia.

Salah satu makanan ini bernama Cascaron. Bentuknya seperti cilok bola-bola yang ditusuk ala sate. Kamu tak perlu jauh-jauh datang ke Filipina untuk menikmati kuliner ini. Kamu dapat membuatnya di rumah loh.

Adapun bahan-bahan yang perlu dipersiapkan seperti 200 gram tepung ketan putih, 180 ml air, 200 gram gula pasir, minyak goreng dan tusukan sate.

Jika bahan-bahan sudah disiapkan. Kini saatnya kamu menyimak persiapan untuk mengolahnya. Pertama, kamu perlu membuat adonan bola-bolanya dulu. Masukkan tepung ketan putih dan air kira-kira sebanyak 125 ml ke dalam mangkok. Aduk rata hingga terbentuk adonan.

Selanjutnya, ambil satu sendok makan adonan kemudian bentuk menjadi bola-bola. Supaya tidak meletus saat digoreng, lubangi adonan dengan tusukan sate.
Jangan lupa untuk panaskan minyak dalam penggorengan dengan api sedang.

Jika minyak sudah panas, goreng adonan bola-bola. Jangan lupa dibolak-balik supaya matang merata. Bola-bola bisa diangkat kalau warnanya sudah keemasan dan ukurannya bertambah besar.

Tiriskan bola-bola dan alasi dengan kertas minyak atau tisu dapur supaya kelebihan minyak bisa terserap.Langkah selanjutnya, kita membuat karamel untuk melapisi bola-bola yang sudah matang.

Caranya, panaskan gula dan air dalam panci. Aduk terus sampai gula benar-benar larut. Kalau sudah mendidih, matikan api lalu masukkan bola-bola ke dalam karamel yang sudah jadi. Pastikan semua permukaan bola-bola terlapisi karamel.

Ambil tusukan sate, lalu masukkan sebanyak 3 bola-bola. Cascaron siap disajikan dan dinikmati. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button