Khazanah

Tokopedia-ShopTokopedia Bagi Tren Belanja Jelang Ramadan dan Kembali Hadirkan ‘Ramadan Ekstra Seru’

ZETIZENS.ID – Berkat salah satu kampanye terbesar Tokopedia dan ShopTokopedia, Ramadan Ekstra Seru 2024, transaksi penjual melonjak rata-rata lebih dari 3 kali lipat.

“Melihat kesuksesan itu, Tokopedia dan ShopTokopedia tahun ini kembali mengadakan Ramadan Ekstra Seru, mulai 25 Februari hingga 25 Maret 2025, untuk membantu makin banyak pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM lokal meningkatkan penjualan di bulan Ramadan, mengingat jumlah penjual pada periode menjelang Ramadan 2025 naik sekitar 40%,” kata Head of Communications Tokopedia and TikTok E-commerce, Aditia Grasio Nelwan.

Jelang Ramadan, Daging Jadi Paling Laris di Tokopedia, Camilan di ShopTokopedia

Menjelang Ramadan 2025, pada kategori produk Makanan dan Minuman, salah satu produk paling laris di Tokopedia adalah daging, sedangkan di ShopTokopedia, camilan seperti kurma.

Pada kategori produk Elektronik, pendingin ruangan seperti ac menjadi salah satu produk paling laris di Tokopedia, sedangkan di ShopTokopedia, pompa galon listrik.

Adanya perbedaan produk paling laris antara Tokopedia dan ShopTokopedia dipicu oleh keunggulan masing-masing platform yang melengkapi satu sama lain dalam membantu masyarakat memenuhi kebutuhan termasuk di bulan Ramadan.

Di Tokopedia, masyarakat cenderung sudah mengetahui apa yang akan dibeli, sedangkan di ShopTokopedia, masyarakat cenderung mengonsumsi video di TikTok lalu terinspirasi membeli produk dari penjual di ShopTokopedia.

“Namun jika dilihat dari sisi kategori produk, ada kesamaan. Beberapa kategori produk dengan jumlah pesanan paling tinggi di Tokopedia maupun ShopTokopedia jelang Ramadan 2025, yaitu: Makanan dan Minuman, Perlengkapan Rumah Tangga, Fashion Muslim, Kecantikan dan Perawatan Diri, serta Elektronik.3 Perlengkapan Umroh bahkan mengalami peningkatan pesanan hampir 9 kali lipat.2 Agar masyarakat makin mudah menjangkau beragam produk kebutuhan Ramadan, kami menghadirkan Ramadan Ekstra Seru 2025 dengan berbagai promo khusus, seperti gratis ongkir, flash sale 50%, dan diskon Rp100.000,” jelas Aditia.

Peluang Ekstra Seru di Bulan Ramadan bersama Tokopedia dan ShopTokopedia

Pelaku usaha bisa meningkatkan penjualan dengan menyusun strategi yang tepat saat Ramadan, yang bisa dicari tahu secara gratis melalui webinar edukasi #SIAPRAMADAN di Pusat Edukasi Seller Tokopedia atau ShopTokopedia Academy.

CEO Kals Corpora, Brand Principal ZM Zaskia Mecca, Haykal Kamil, mengatakan, “Berkat strategi berpartisipasi dalam Ramadan Ekstra Seru 2024, penjualan ZM Zaskia Mecca (akun/produk: Tokopedia dan ShopTokopedia) naik 5 kali lipat dibandingkan hari biasa.”

Momen Ramadan juga bisa dimanfaatkan oleh kreator konten di TikTok untuk meningkatkan pendapatan, dengan mempromosikan produk penjual di ShopTokopedia sebagai affiliate content creator lewat video pendek (short video) maupun live streaming.

Affiliate content creator, Ma’e Arik (akun TikTok: @siswanto140688) mengatakan, “Di Ramadan 2024, dengan live streaming di TikTok, pendapatan kami sebagai affiliate content creator naik 5 kali lipat dibanding hari biasa.”

Profesi kreator konten hingga affiliate content creator makin diminati masyarakat khususnya menjelang Ramadan.

Peralatan membuat short video dan live streaming, seperti lighting, tripod, dan ringlight, menjadi sejumlah produk elektronik paling laris jelang Ramadan 2025.3

Ramadan Ekstra Seru 2025 menghadirkan penawaran terbaik bagi konsumen untuk mempersiapkan dan merayakan Ramadan serta Lebaran dengan promo khusus sepanjang bulan.

Selain online, kampanye ini juga akan digelar offline di Main Atrium, Kota Kasablanka, pada 13-16 Maret 2025, mendatangkan sederet brand penyedia produk kebutuhan Ramadan seperti fesyen. (Sobri)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button