Kuliner

Ini Resep Mie Bangladesh yang Lagi Viral

ZETIZENS.ID – Kuliner mi dengan nama Mie Bangladesh ini rupanya berasal dari Indonesia.

Meski namanya seperti sebuah negara, ternyata Mie Bangladesh ini kuliner khas yang berasal dari Medan dengan menggunakan bumbu dari Aceh.

Kuliner ini sempat viral pada 2023, namun kini kembali viral di media sosial karena racikannya yang enak. Mie Bangladesh terbuat dari mi instan yang diracik dengan rempah-rempah pedas yang memiliki aroma khas.

Menikmati sajian Mie Bangladesh memang perpaduan luar biasa antara bumbu mi instan yang gurih dengan rempahnya yang pedas tentunya dapat menggoyang lidah bagi yang menyantapnya

Bagi yang penasaran tapi di daerah sekitar belum ada yang jual, bisa mencobanya dengan membuat sendiri, nah berikut resepnya dari berbagai sumber.

Resep Mie Bangladesh

1. Bahan

Mie Bangladesh menggunakan bahan utama seperti mi goreng, telur ayam, sawi hijau dan air secukupnya. Selain itu ada tambahan bumbu yang perlu dihaluskan terlebih dahulu.

2. Bumbu yang Dihaluskan

Bumbu yang dihaluskan ini terdapat cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, udang rebon atau ebi, kemiri di sangrai, bubuk karo secukupnya, jahe, gula merah dan garam.

3. Rempah Tambahan

Ketiga, Mie Bangladesh juga memerlukan rempah tambahan seperti bunga lawang dan kapulaga. Untuk rempah tambahan ini tidak perlu dihaluskan.

4. Cara Membuatnya

Nah, jika bahan-bahan sudah terkumpul semua selanjutnya ialah cara mengeksekusi Mie Bangladesh. Pertama, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga matang lalu tambahkan bunga lawang dan kapulaga ke dalam bumbu.

Jika bumbu matang, tambahkan air secukupnya. Agar bumbu meresap dan pas, sesuaikan takaran bumbu sesuai dengan selera dan porsi mi yang dimasak.

Selanjutnya, masukkan mi Indomie goreng dengan bumbu mie instan. Tambahkan potongan sawi dan telur tadi, aduk hingga merata sampai kuah mie mengental atau nyemek. Kita bisa mencicipi rasanya agar sesuai selera.

Jika dirasa sudah pas, Mie Bangladesh siap disajikan dengan tambahan bawang goreng dan irisan cabai rawit atau telur setengah matang sesuai dengan selera kit. Jika bahan-bahan yang disebutkan tidak ada bisa menggunakan bahan seadanya. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button