Viral

Women from Rote Island Dinobatkan sebagai Film Terbaik FFI 2023

ZETIZENS.ID – Women from Rote Island dinobatkan sebagai film Terbaik FFI atau Festival Film Indonesia 2023. Simak yuk ulasan akun Twitter atau X TarizSolis.

“Menangkan 4 piala termasuk sutradara, skenario asli & sinematografi, film yang dibintangi pemain asli NTT ini menceritakan seorang TKI yang terpaksa pulang kampung demi hadiri pemakaman sang ayah,” akun ini memulai threadnya.

Film ini bercerita tentang pengalaman pahit Martha, seorang TKI ilegal yang akhirnya dipulangkan dari Sabah, Malaysia.

Kepulangan Martha adalah kebahagiaan tersendiri bagi keluarga, terutama Orpa dan Bertha.

Alih-alih membawa kabar pelipur lara untuk keluarganya, dia justru mengalami depresi akibat rahasia gelap dan trauma yang menghinggapinya selama di perantauan.

Martha pulang tanpa membawa hasil setelah bekerja selama dua tahun di Negeri Jiran.

Martha justru mengalami depresi berat karena mengalami pemerkosaan di perkebunan tempat di mana ia bekerja sebagai buruh kelapa sawit.

Film arahan Jeremias Nyangoen yang juga berjudul ‘Perempuan Berkelamin Darah’ ini masih belum punya jadwal rilis di bioskop Indonesia.

Jika ingin menontonnya, ‘Women from Rote Island’ akan tayang di Empire XXI pada 29-30 November dalam rangka Jogja NETPAC Asian Film Festival 2023.

Dirangkum dari berbagai sumber Women from Rote Island juga dikenal sebagai Perempuan Berkelamin Darah adalah sebuah film drama Indonesia tahun 2023 yang ditulis dan disutradarai Jeremias Nyangoen dalam debut penyutradaraannya.

Film tersebut menampilkan Irma Rihi sebagai Martha, Linda Adoe sebagai Orpa, Sallum Ratu Ke sebagai Bertha, dan Van Jhoov memerankan Damar.

Film dari rumah produksi Bintang Cahaya Sinema dan Langit Terang Sinema ini berhasil mengalahkan 24 Jam Bersama Gaspar, Budi Pekerti, Like & Share, dan Sleep Call.

Piala

Empat Piala Citra FFI 2023 yang dimenangkan film Women from Rote Island itu adalah Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Penulis Skenario Asli Terbaik, dan Sinematografi Terbaik.

Film Women From Rote Island tayang perdana di Busan International Film Festival yang berlangsung pada 4-13 Oktober 2023. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button