Viral

Ternyata Coldplay Dukung Palestina sejak 2011, Sudah Tahu?

ZETIZENS.ID – Ternyata Coldplay sudah mendukung Palestina sejak 2011. Band asal Inggris tersebut melalui halaman resmi Facebook milik Coldplay saat itu membuat postingan yang menyerukan agar para penggemar mereka mendengarkan lagu “Freedom for Palestine.”

Tembang itu merupakan kolaborasi musik yang digagas oleh gerakan OneWorld.

Laman CNBC Indonesia melansir, lagu tersebut tepatnya dirilis pada 3 Juli 2011. Meski tidak terlibat dalam proses produksi, Coldplay sontak menjadi sorotan media Israel dan warga Yahudi karena memajang video itu di laman Facebook mereka.

Dalam surat elektronik kepada Jerusalem Post, pihak media OneWorld Paul Collins menyatakan senang atas dukungan Coldplay itu.

“Kami senang karena Coldplay mengabarkan kepada para penggemar mereka tentang lagu ini dan saya berharap ini bisa membuat perbedaan,” kata Collins.

Lagu “Freedom for Palestine” menyerukan agar tak ada lagi pengawasan pasukan keamanan di Tepi Barat serta menjunjung hak asasi dan keadilan bagi semua. Sebagian penggemar Coldplay mendukung aksi band itu bagi kemerdekaan Palestina, namun sebagian lain mengecam.

Dukungan terhadap Palestina juga ditunjukkan sang vokalis, Chris Martin. Selama bertahun-tahun, Chris menuai kemarahan penggemar pro Israel karena sikapnya terhadap Palestina.

Pada 2019, saat menggelar konser di Amman, Yordania, seorang penggemar meminta Chris menyanyikan sebuah lagu untuk Gaza.

Martin juga diminta memberikan pidato berisi solidaritas dengan Palestina.

“Saya percaya setiap manusia memiliki hak hidup di bumi ini. Saya tidak setuju dengan penindasan dalam bentuk apa pun,” kata Chris saat itu.

Pada 2017, Coldplay juga pernah pergi ke Palestina untuk mencari inspirasi dalam pembuatan lagu.

Coldplay juga berkolaborasi dengan grup musik asal Palestina, Le Trio Joubran yang beranggotakan Adnan Joubran, Samir Joubran, dan Wissam Joubran.

Hasil akhir kolaborasi itu adalah lagu “Arabesque”, di mana Le Trio Joubran, masuk di daftar kredit musiknya. Menurut Adnan Joubran, lagu tersebut serta keseluruhan album studio kedelapan Coldplay, Everday Life, merupakan karya Coldplay yang menyuarakan semangat kebebasan Palestina. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button