Finance

9 Isu dan Permasalahan Pelindungan Konsumen, Mau Tahu?

ZETIZENS.ID – Sudah tahu belum, ternyata ada 9 isu dan permasalahan pelindungan konsumen loh.

Ini diungkap Deputi Direktur Informasi, Dokumentasi dan EPK Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, F.A Purnama Jaya saat Capacity Building dan Media Gathering di Royal Tulip Hotel, Bogor, Selasa (21/11/2023).

Isu dan permasalahan pelindungan konsumen yang pertama kata dia, biaya-biaya yang tidak transparan dalam perjanjian.

Kedua, penagihan yang kurang beretika, ketiga, informasi produk/layanan tidak jelas, tidak akurat dan menyesatkan, keempat, mis-leading/mis-selling penawaran produk/layanan tertentu.

Selanjutnya yang kelima, mekanisme IDR dan EDR yang belum memadai, kemudian keenam, marak terjadi kebocoran data pribadi konsumen.

Untuk yang ketujuh, klausula perjanjian belum sesuai ketentuan Perundang-undangan.

Sementara kedelapan, kasus Fraud yang dilakukan pegawai/pihak afiliasi Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).

Dan yang terakhir, fasilitas kepada konsumen disabilitas/membutuhkan perhatian khusus belum memadai. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button