9 Isu dan Permasalahan Pelindungan Konsumen, Mau Tahu?
ZETIZENS.ID – Sudah tahu belum, ternyata ada 9 isu dan permasalahan pelindungan konsumen loh.
Ini diungkap Deputi Direktur Informasi, Dokumentasi dan EPK Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 1 DKI Jakarta dan Banten, F.A Purnama Jaya saat Capacity Building dan Media Gathering di Royal Tulip Hotel, Bogor, Selasa (21/11/2023).
Isu dan permasalahan pelindungan konsumen yang pertama kata dia, biaya-biaya yang tidak transparan dalam perjanjian.
Kedua, penagihan yang kurang beretika, ketiga, informasi produk/layanan tidak jelas, tidak akurat dan menyesatkan, keempat, mis-leading/mis-selling penawaran produk/layanan tertentu.
Selanjutnya yang kelima, mekanisme IDR dan EDR yang belum memadai, kemudian keenam, marak terjadi kebocoran data pribadi konsumen.
Untuk yang ketujuh, klausula perjanjian belum sesuai ketentuan Perundang-undangan.
Sementara kedelapan, kasus Fraud yang dilakukan pegawai/pihak afiliasi Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK).
Dan yang terakhir, fasilitas kepada konsumen disabilitas/membutuhkan perhatian khusus belum memadai. (Hilal)