Nusantara

Api Berhasil Dipadamkan, Mulai Senin Operasional TPSA Bagendung Normal

ZETIZENS.ID – Kebakaran Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Bagendung, Kecamatan Cilegon, yang terjadi sejak Senin malam, 16 September 2024, akhirnya dinyatakan selesai dan api berhasil dipadamkan, Minggu, 22 September 2024.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cilegon Sabri Mahyudin mengapresiasi seluruh tim Pemkot Cilegon mulai dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar), Dinas Sosial (Dinsos) dan kalangan industri atas kerja samanya memadamkan api.

“Alhamdulillah siang malam kita kerjakan hampir satu pekan dan syukur kepada Allah SWT pada hari ini (Minggu) kita nyatakan selesai. Meskipun masih tampak ada sedikit asap, itu hanya sisa-sisa pembakaran,” kata Sabri, sebagaimana dirilis Diskominfo Kota Cilegon, Minggu, 22 September 2024.

Dikatakan Sabri bahwa kebakaran ini adalah insiden kedua setelah 2019. Dari kejadian tersebut, pihaknya sudah mengevaluasi terkait dengan kesiapsiagaan jajarannya dalam menghadapi bencana kebakaran.

“Kita mesti melihat bahwa setiap potensi kebakaran tetap ada baik faktor alam maupun buatan atau kesengajaan. Lalu kita harus menata agar TPSA Bagendung lebih baik terutama penyediaan sarana dan prasarana. Kita sudah berkoordinasi dengan PDAM Cilegon untuk dibuatkan rencana pembangunan hidran,” kata Sabri.

Dengan selesainya pemadaman api di TPSA Bagendung, Sabri menyatakan bahwa mulai Senin, 23 September 2024, TPSA Bagendung kembali beraktifitas normal dengan menerima sampah dari tranporter baik plat merah maupun plat hitam.

“Kami mohon maaf kepada warga Bagendung dan sekitarnya, termasuk sebagian wilayah Kabupaten Serang yang terkena dampak dari kebakaran ini. Mudah-mudahan ke depan tidak akan pernah terjadi lagi. Insya Allah kami akan meningkatkan kesiapsiagaan dan menambah fasilitas untuk mencegah terjadinya kebakaran,” katanya. (*)

Tulisan Terkait

Back to top button