Nusantara

Ma’ruf Amin Usulkan Tampung Warga Rohingya di Pulau Galang, Ini Alasannya?

ZETIZENS.ID – Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Republik Indonesia akhirnya buka suara terkait kasus Rohingya. Dalam pernyataannya, wakil presiden Ma’ruf Amin memberikan opsi untuk menampung para pengungsi Rohingya di Pulau Galang.

Banyaknya orang Rohingya yang berdatangan ke Aceh menimbulkan persoalan pro dan kontra. Pulau Galang yang dijadikan opsi penampungan oleh Ma’ruf Amin sendiri terletak di Kota Batam, Provinsi Riau.

Dalam pernyataannya, Ma’ruf Amin mengatakan kedatangan pengungsi Rohingya yang kini mendapatkan penolakan dari masyarakat di Aceh, Riau, dan Medan merupakan permasalahan kemanusiaan yang harus ditanggulangi bersama antar-pemangku kepentingan.

“Penempatannya di mana? Dulu kita punya Pulau Galang, nanti kita bicarakan lagi apa akan seperti itu,” kata Ma’ruf Amin di Kota Depok, Jawa Barat, dikutip dari Antara, Kamis (7/12/2023).

Hal tersebut disampaikan Ma’ruf Amin usai menghadiri Peluncuran Indonesia Sharia Economic Outlook (ISEO) 2024 dan Peresmian Universitas Indonesia Industrial Government (I-GOV) Ke-3 Tahun 2023 di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Selasa 5 Desember 2023.

Menurut Ma’ruf, sejumlah opsi terkait langkah penanggulangan masalah itu di Indonesia, sedang dibahas secara intensif dalam rapat yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD.

Ma’ruf Amin juga mengungkapkan, pengungsi Rohingya tidak mungkin ditolak. Namun sebelum ditampung, pemerintah Indonesia tentu perlu menyiapkan berbagai antisipasi.

Baginya, ini penting agar tidak menimbulkan beban di kemudian hari bagi Indonesia, baik dari sisi negara ataupun masyarakat.

“Selama ini, kan tidak mungkin kita menolak, tetapi juga tentu kita mengantisipasi jangan sampai kemudian ada penolakan oleh masyarakat, dan kemudian bagaimana supaya juga mengantisipasi jangan sampai nanti terus lari, semua larinya ke Indonesia, ke sini. Itu menjadi beban,” jelasnya. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button