Edu

Kejar Mimpi Upskill 1.0 : Bantu Anak Muda Selesaikan Masalah dengan Design Thinking

ZETIZENS.ID – Komunitas Kejar Mimpi Tangerang Selatan (KMTS) yang diinisiasi CIMB Niaga mengadakan workshop Design Thinking di Digital Lounge CIMB Niaga, Central Park, Jakarta pada 9 Desember 2023 melalui program Upskill 1.0.

Program ini bertujuan untuk mengembangkan skill yang dimiliki anak muda salah satunya design thinking untuk menyiapkan generasi muda menuju Indonesia emas 2045.

KMTS selalu mendapat dukungan penuh dari CIMB Niaga untuk terus merealisasikan program yang berdampak bagi masyarakat.

Sesi pertama diisi materi mengenai Design Thinking oleh Miqdad Darmawan atau akrab dipanggil Kak Miqdad.

Pada materi ini peserta diajak mengetahui design thinking sebagai sebuah mindset atau pola pikir untuk menyelesaikan masalah.

Menurut Kak Miqdad, design thinking membuat kita selalu berani untuk mencoba sesuatu, menyelesaikan masalah yang kita coba dengan sedikit demi sedikit.

Selain itu, Kak Miqdad juga menambahkan bahwa percaya pada proses menjadi kunci dari design thinking, agar anak muda punya lebih banyak keberanian untuk kolaborasi satu sama lain dan menciptakan solusi yang baik untuk semua.

Dapat menyelesaikan masalah menjadi salah satu skill yang sangat dibutuhkan anak muda di zaman sekarang karena dengan kemampuan ini anak muda dapat terus menjawab tantangan nasional dan tantangan global.

Wawan, salah satu peserta workshop design thinking ini merasa sangat senang bisa mengikuti kegiatan workshop design thinking karena dengan mengikuti kegiatan ini ia dapat pemahaman mengenai bagaimana cara untuk menyelesaikan masalah dengan beberapa metode design thinking.

Sesi workshop menjadi sesi yang paling berkesan dan seru bagi Vina salah satu peserta kejar mimpi upskill 1.0 karena pada sesi ini para peserta diajak untuk berdiskusi dengan orang yang belum ia kenal dan mendengar lebih jauh lagi permasalahan yang dihadapi dengan begitu para peserta dapat menggali akar masalah.

Setelahnya peserta diajak eksperimen dan membuat prototyping, dengan begitu peserta dapat memberikan gambaran dan solusi yang lebih efektif.

Show don’t tell, menjadi kunci utama dari design thinking. Dimana kita diminta untuk menyelesaikan masalah sedikit demi sedikit dan menunjukkan progres dari penyelesaian masalah serta meminta saran dari orang yang tepat.

Kak Miqdad menutup sesi dengan sebuah pesan bagi para peserta.

“Jangan takut salah, jangan takut gagal! Selesaikan masalah kecil-kecil (perlahan) dan minta feedbacknya. Design thinking itu mindset bukan sekedar tools,” ucap Kak Miqdad mengakhiri sesi pemaparan materi.

Kak Miqdad berharap punya lebih banyak keberanian untuk kolaborasi satu sama lain dan menciptakan solusi yang baik untuk semua.

KMTS juga berharap bahwa dengan adanya program upskill 1.0 dapat membantu generasi muda untuk mempersiapkan masa depannya dan siap menjawab segala tantangan menuju Indonesia emas di 2045. (Syehri Ally Reza)

Tulisan Terkait

Back to top button