Nusantara

Dibagikan di Vlog, Presiden Jokowi Rutin Minum Jamu

ZETIZENS.ID – Dengan aktivitas padat merayap, Presiden Jokowi selalu terlihat energik.

Ternyata Jokowi rutin meminum jamu untuk kesehatan tubuhnya. Bahkan presiden Jokowi punya ramuan tersendiri yang sudah diminum dari semenjak ia berusia 18 tahun.

Jokowi menjelaskan jamu yang ia minum biasanya diminum setiap pagi sebelum beraktivitas. Dalam vlognya yang diunggah di Instagram, Jokowi mengungkap ramuan jamu yang biasa ia minum.

“Jamu ini adalah jamu dari campuran temulawak, jahe, kunyit. Jadi jahe ditumbuk atau dirajang-rajang, temulawak ditumbuk dirajang rajang. Kunyit juga. Kemudian diseduh air panas, disaring kemudian diminum,” tutur Jokowi.

Bagi Jokowi, meminum jamu sebelum aktivitas pagi hari memberi manfaat sangat baik untuk tetap menjaga kebugaran tubuh.

“Saya rasakan memberi manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh. Mau coba ya buat sendiri hehe,” kata Jokowi seraya bercanda.

Dalam mengedukasi masyarakat, Jokowi membeberkan kiat khusus agar tetap prima dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Salah satunya, adalah dengan meminum jamu yang terbuat dari rempah asli Indonesia. Bahkan kepala negara ini kerap kali

menyajikan para tamu negara yang menghampirinya baik di Istana Kepresidenan Jakarta, maupun Istana Kepresidenan Bogor, dengan jamu.

“Sekarang tamu-tamu saya kalau pagi, siang, dan malam saya beri minuman itu, bukan teh, tapi temulawak, jahe, sereh, kunyit, campur jadi satu,” katanya.

Presiden Jokowi juga menceritakan efektivitas jamu yang dirasakannya sangat terasa dan berbeda saat sebelum dan sesudah meminum jamu. Selama 17 tahun kebelakang, Presiden Jokowi telah rutin meminum jamu, setelah meminumnya ia menceritakan tidak mudah lelah.

Presiden Jokowi mengatakan akan memberikan dukungan kepada industri jamu apa saja yang kurang dan perlu diperbaiki terutama regulasi yang berkaitan dengan pembinaan, pengawasan industri jamu dan obat tradisional.

Presiden Jokowi meminta kepada para pengusaha jamu untuk terus memperkenalkan produk jamu Indonesia.(Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button