Traveling

Bromo Dinobatkan Sebagai Taman Nasional Tercantik di Dunia Pasca Kebakaran

ZETIZENS.ID – Masih ingat dengan insiden Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur yang terbakar karena oknum yang melakukan foto prewedding menggunakan flare?

Usai terjadinya peristiwa tersebut, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yang indah juga rumput-rumput hijau yang memanjakan mata, hangus terbakar dimakan api.

Kejadian ini sempat viral di media sosial dan menggemparkan jagat maya, aksi tak terpuji sepasang kekasih terus menjadi sorotan dan harus berujung dengan menerima hukuman sebagai bentuk pertanggungjawaban. Lalu bagaimana nasib Taman Nasional Bromo Tengger Semeru sekarang?

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Jawa Timur, pasca kebakaran sudah langsung ditangani agar bagaimana caranya tempat tersebut menjadi indah kembali, berbagai upaya dilakukan dan ternyata berbuah hasil yang mengagumkan.

Tempat yang tadinya hangus terbakar dan hanya menyisakan abu, kini kembali hijau dan menjadi tempat yang begitu cantik.

TNBTS masuk dalam The World’s Most Beautiful National Parks 2023. Penobatan itu dirilis Bounce, platform layanan perjalanan yang berbasis di San Fransisco, Caifornia, Amerika Serikat.

Kabar bahagia tersebut disambut bangga dan gembira oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

“Alhamdulillah. Selain Kawah Ijen yang Juni 2023 lalu ditetapkan sebagai Unesco Global Park, Jawa Timur juga punya Bromo yang keindahannya juga diakui dunia. Syukur alhamdulillah tiada terhingga atas besarnya anugerah Allah SWT di Bumi Majapahit ini,” ungkapnya.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) pada penilaiannya menjadi taman nasional tercantik di dunia, hal ini tentu menjadi sebuah kebanggan untuk Indonesia dan para pengelola.

Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan jumlah postingan di platform media sosial Instagram, penayangan video TikTok, hingga ulasan di laman Google.

TNBTS pun berhasil mendapatkan skor 7,89 dari 10. Angka ini mengungguli banyak taman nasional populer di dunia seperti Zhangjajie National Forest di China dan Fuji Hakone Izu National Park di Jepang.

Taman Nasional Bromo juga menjadi keyword paling sering digunakan di Google sepanjang 2023.

Meski tidak berada dalam urutan pertama, melainkan urutan ketiga di bawah Taman Nasinal Kruger yang terletak di Afrika Selatan yang menduduki peringkat pertama dan Taman Nasional Lencois Maranhenses di Brasil yang menempati peringkat kedua, hal ini tetap menjadi sebuah kebanggaan untuk Indonesia dengan tempat wisata yang makin dikenal dunia. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button