Viral

Salut! Mengheningkan Cipta di Bundaran HI dan Sukabumi untuk Peringati Hari Pahlawan

ZETIZENS.ID – Saat peringatan hari pahlawan, media sosial dihebohkan dengan tindakkan terpuji yang dilakukan warga Sukabumi.

Pada peringatan Hari Pahlawan warga Sukabumi yang sedang melintasi jalan menunduk untuk sejenak mengheningkan cipta.

Hal tersebut terjadi karena arahan dari Satlantas Polres Sukabumi yang ajak masyarakat pengguna jalan mengheningkan cipta selama 60 detik, pada Jumat, 10 November 2023, pukul 08.15 WIB.

Diketahui, mengheningkan cipta bersama ini diinisiasi oleh kepolisian di seluruh wilayah di Indonesia dalam rangka memperingati jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk Indonesia.

Kebetulan pelaksanaan di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota dipusatkan di Bundaran Adipura, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi dan seluruh perempatan-perempatan yang ada di Kota Sukabumi.

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, ratusan pengendara dan pejalan kaki berhenti selama 60 detik untuk mengheningkan cipta ini diiringi Suara lagu ciptaan Ismail Marzuki, berjudul Gugur Pahlawan melalui pengeras suara.

Terlihat, para pengendara maupun pengguna jalan serentak menundukkan kepala dengan khidmat meski situasi arus lalu lintas di pagi hari yang cukup padat.

“Adapun yang kita berhentikan adalah warga Sukabumi yang beraktivitas di jalan raya, seperti pengendara sepeda motor roda empat, dan warga yang sedang beraktivitas. Tadi kita melaksanakan hening cipta bersama hanya 60 detik saja,” ujar KBO Sat Lantas Polres Sukabumi Kota, Ipda Ade Hidayat.

Saat diberhentikan, beberapa warga merasa kaget karena tak ingat kalau hari itu merupakan Hari Pahlawan, akan tetapi mereka merasa senang dan sama sekali tidak merasa terganggu.

Hal serupa terjadi di Bundaran HI, Menteng, Jakarta Pusat pada Jum’at (10/11/2023). Yang membedakan hanyalah pada saat mengheningkan cipta di Bundaran HI nampak tidak diiringi musik ataupun lagu.

Para pengendara dan warga yang melintas dari Monas ke Sudirman berhenti sejenak untuk mengheningkan cipta.

Para warga yang melintas diarahkan oleh komando dari Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta yang mengajak pengguna jalan untuk berhenti sejenak dan mengheningkan cipta dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Hal tersebut berlangsung sekitar pukul 08.00 dengan tertib meskipun berada di Jalan Raya. (Sarah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button