Viral

Dokter Detektif Si Pengulas Produk Kecantikan yang Viral di TikTok

ZETIZENS.ID – Beberapa hari belakangan, Dokter Detektif menghebohkan media sosial. Dia adalah sosok perempuan misterius yang mengulas produk kecantikan di media sosial TikTok.

Ia dikenal dengan ciri khasnya yang selalu mengenakan topeng di wajahnya untuk menutupi identitas aslinya.

Dokter Detektif sering membagikan video yang berisi ulasan tentang merek skincare dan hasil lab. Ia bertujuan untuk mengedukasi masyarakat agar memahami risiko produk kecantikan yang tidak aman.

Berikut adalah beberapa hal yang diketahui tentang Dokter Detektif:

Dokter Detektif menyebut dirinya sebagai Doktif, singkatan dari Dokter Detektif.

Ia lulusan dokter kecantikan pada tahun 2017 dan pernah bekerja di klinik kecantikan.

Ia mengaku sudah meracik sendiri formulasi skincare sejak tahun 2007.

Ia pernah mengulas merek skincare milik dr. Richard Lee.

Ia memiliki banyak pengikut di TikTok.

Reaksi masyarakat terhadap konten Dokter Detektif beragam. Ada yang merasa terbantu dengan edukasi yang diberikan, namun ada juga yang meragukan klaim-klaimnya.

Laman Suara.com menyebut, hadirnya Dokter Detektif disebut-sebut membuat para pengusaha skincare ketar-ketir.

Bagaimana tidak, dalam setiap kontennya, Dokter Detektif ini sering membongkar aib dari produk-produk kosmetik, termasuk hasil lab.

Tapi, di satu sisi Dokter Detektif ini juga mendapat ucapan terima kasih dari beberapa pengusaha skincare yang memang mengikuti aturan.

Para pengusaha tersebut berterima kasih kepada Dokter Detektif karena telah mengedukasi dan mengajarkan masyarakat bagaimana cara memilih skincare yang aman.

Dokter Detektif adalah seorang konten kreator perempuan yang kerap membagikan video edukasi terkait skincare di TikTok.

Dengan pengikut mencapai 1,2 juta, setiap kontennya selalu dibanjiri penonton dan komentar. Ciri khasnya adalah dengan mengenakan topeng di area mata untuk menutupi identitas aslinya.

Tak begitu banyak informasi mengenai dirinya, sehingga profil dari Dokter Detektif masih menjadi misteri.

Hanya saja, dalam sebuah kesempatan ia pernah mengaku jika dirinya adalah lulusan dokter kecantikan, meski tidak dijelaskan asal kampusnya.

Tak berhenti di situ, ia juga mengaku telah memiliki ketertarikan pada dunia skincare sejak lama. Bahkan, ia sudah meracik berbagai formula skincare sendiri sejak tahun 2007.

“Jadi kalau dihitung-hitung, dari tahun 2007 sampai 2024, ternyata DokTif sudah 17 tahun,” ucapnya di salah satu video TikTok.

Dari pengalaman panjang di dunia skincare tersebut, ia mencoba mengedukasi masyakarat agar lebih berhati-hati dalam memilih produk kecantikan.

Menurutnya, masyarakat hanya fokus terhadap BPOM dari sebuah produk, padahal yang sebetulnya harus diperhatikan adalah tentang klaimnya atau hanya sekedar overclaim.

Ia sering menjelaskan bahan-bahan apa saja yang terkandung dalam sebuah produk kecantikan. Sebab, setiap bahan tersebut memiliki risiko masing-masing jika digunakan dalam komposisi yang berlebihan.

Bahkan, ada beberapa produk terkenal di Indonesia yang dibahasnya karena ternyata memiliki klaim yang tidak sesuai dengan hasil uji ilmiah.

Dari video-videonya yang viral tersebut, ada beberapa brand kecantikan yang sampai melakukan klarifikasi untuk menjelaskan bukti uji lab yang dibahas oleh Dokter Detektif.

Artinya, Dokter Detektif memiliki pengaruh yang cukup besar bagi dunia skincare sehingga banyak brand kenamaan yang harus melakukan klarifikasi.

Kendati kerap mendapat kritik, terutama dari pihak perusahaan kosmetik, Dokter Detektif tetap membuat konten yang isinya mengedukasi masyarakat agar tidak salah dalam memilih skincare. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button