Nusantara

Batik Arrami Penyedia Batik Khas Kabupaten Serang, Ini Beragam Motifnya

ZETIZENS.ID – Bagi yang selama ini kesusahan mendapatkan batik khas Kabupaten Serang, tenang aja. Sekarang sudah ada Batik Arrami.

Produsen batik Kabupaten Serang ini memproduksi sendiri batiknya di Griya Batik Arrami Banten di Jalan Raya Petir Tunjungteja, Kadugenep Kaung, RT 08/02, Kecamatan Petir, Kabupaten Serang, Banten. Bukan diproduksi di Jawa.

Batik Arrami menyediakan aneka motif batik khas Kabupaten Serang seperti Bendung Pamarayan dan Padi, Gandaria, Gerabah Bumijaya, Karang Bolong, Mercusuar Cikoneng, Burung Paok, Pancawarna dan Jamblang, Pencak Silat dan Golok, Pulau Sangiang, Rawa Danau dan Elang Jawa, serta Buah Jamblang.

Motif-motif batik ini diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Serang pada 10 November 2022 di Pendopo Bupati Serang. Peluncuran ini didasarkan pada penelitian kearifan lokal.

Parade Batik

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Serang bersama PT Angkasa Pura II bekerja sama mengadakan parade batik, fashion show, mencanting batik, hingga lomba mewarnai motif batik bagi anak-anak di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Pada acara itu turut dikenalkan 12 motif batik khas Kabupaten Serang

Even ini dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional.

FYI, Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah lah yang mencetuskan penciptaan batik khas Kabupaten Serang.

Saat ini, Kabupaten Serang sudah memiliki 12 motif batik yang diusung berdasarkan budaya, pariwisata, dan berbagai potensi sumber daya alam. Semua sudah dipatenkan.

Adapun 12 motif batik khas Kabupaten Serang terdiri dari motif Bendungan Pamarayan, Gandaria/Jatake, Gerabah Bumi Jaya, Karangbolong, Mercusuar Cikoneng, Burung Paok Pancawarna dan Jamblang, Pencak Silat dan Golok, Pulau Sangiang, Rawa Danau dan Elang Jawa, Buah Jamblang, Pulau Tunda, dan Pencak Silat Ornamen Gerabah.

Semua motif tersebut dipamerkan melalui parade dan fashion show dari Kang Nong Kabupaten Serang.

Selain itu, kegiatan ini juga mengadakan lomba mewarnai batik motif Buah Jamblang untuk siswa-siswi pendidikan anak usia dini. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button