Highlight

PLN UID Banten Sukses Menyediakan Pasokan Listrik Tanpa Kedip

ZETIZENS.ID – PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten, melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Serpong sukses menyediakan pasokan listrik tanpa kedip (zero down time) pada acara pembukaan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten pada Kamis (18/7/2024).

Sebagai pameran otomotif terkemuka di Indonesia yang diadakan setiap tahun oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), GIIAS menjadi ajang penting untuk memamerkan inovasi terbaru dalam industri otomotif di tanah air.

Acara yang menyedot perhatian pecinta otomotif ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin.

General Manager PLN UID Banten Abdul Mukhlis menjelaskan bahwa PLN telah menyediakan suplai listrik dengan pengamanan berlapis di lokasi acara untuk memastikan pasokan listrik andal sepanjang acara.

“Dalam mendukung kesuksesan pembukaan GIIAS, kami telah mengoptimalkan infrastruktur kelistrikan dan menerapkan standar operasional prosedur (SOP) khusus untuk memastikan pasokan listrik yang andal melalui penyulang utama PLN,” ujar Abdul Mukhlis.

Tidak hanya itu, PLN UID Banten juga telah menyiapkan skema back-up dengan dua hingga tiga lapis untuk memastikan keandalan pasokan listrik mengingat ICE adalah tempat banyak diselenggarakannya acara-acara penting bertaraf nasional hingga internasional.

“Sebagai langkah mitigasi risiko, kami telah menyiapkan 2 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) dengan total kapasitas 400 kVA dan 5 unit Genset. Peralatan back-up ini juga telah dilengkapi dengan Automatic Transfer Switch (ATS) sehingga peralihan sumber energi listrik dalam merespons gangguan akan berlangsung tanpa kedipan dan sistem kelistrikan tetap berjalan normal,” jelas Abdul Mukhlis.

Lebih lanjut, Abdul Mukhlis juga menyatakan dukungannya terhadap peningkatan ragam mobil listrik yang dipamerkan di GIIAS.

Pihaknya bahkan akan terus konsisten mengembangkan ekosistem penunjang seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang sudah terpasang di beberapa lokasi strategis di wilayah Banten.

“Masyarakat memiliki beragam pilihan mobil yang semakin canggih dan ramah lingkungan di GIIAS tahun ini. Kami percaya bahwa inovasi terus berkembang dalam industri otomotif, dan PLN berkomitmen untuk mendukung transformasi menuju mobilitas berkelanjutan di Indonesia,” ujarnya.

Dengan komitmen ini, PLN tidak hanya memastikan pasokan listrik yang andal bagi keberhasilan GIIAS 2024, tetapi juga aktif berperan dalam mendukung perkembangan kendaraan listrik sebagai solusi masa depan dalam transportasi di Indonesia. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button