Kuliner

Peluncuran Katuran Dahar Kawasan Kuliner Malam Pasar Lama Kota Serang Disambut Antusias

ZETIZENS.ID – Ratusan orang memadati kawasan Pasar Lama Kota Serang pada Senin (18/12/2023). Mulai dari pukul 17.00 WIB masyarakat nampak antusias menyaksikan Peluncuran Katuran Dahar Kawasan Kuliner Malam Pasar Lama Kota Serang.

Sesuai tagline di spanduk kegiatan, Peluncuran Katuran Dahar kuliner malam Pasar Lama Kota Serang ini menuju piloting zona kuliner halal, aman, dan sehat (Khas) dan penguatan digitalisasi.

Siti Ma’rifah Ma’ruf Amin, Ketua KDEKS atau Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah Banten yang hadir saat peresmian mengatakan, pihaknya ingin menumbuhkan zona KHAS (kuliner halal, aman, dan sehat) di berbagai tempat.

“Kami berharap bisa ada di setiap kota kabupaten. Termasuk zona kuliner halal.
Pada akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat. Kita sudah lihat makanan yang ada si Katuran Dahar. Ke depannya, kita ingin selain halal, juga higienis, packagingnya cantik dan menarik. Ini akan memiliki nilai tambah,” jelasnya.

Ia berharap, banyak masyarakat berkunjung ke Serang. Pada akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat. Ia menghimbau pada masyarakat untuk menjaga kebersihan.

“Ini kan belum seluruhnya (tenda terisi-red). Ini masih belum banyak (pedagangnya-red). Sarana kebersihan, jalan yang masih belum baik, dan sebagainya butuh perbaikan. Kali ini sambil mengunjungi lokasi sambil melihat apa-apa yang belum selesai. Bismillah harus dimulai,” jelasnya.

Pj Walikota Serang Yedi Rahmat yang hadir di acara ini berkomentar, sekarang ini Katuran Dahar dinilai sudah baik. Dan semoga ke depan lebih baik.

“Antusias masyarakat menikmati kuliner sudah terlihat. Pembayaran sudah dilakukan digital. Sudah sangat berkembang dan maju sekali,” komentarnya.

Imaddudin Sahabat, Kepala Perwakilan Bank Indonesia Banten setelah berkeliling lokasi Katuran Dahar mengatakan, halal merupakan paling utama.

“Tempat ini bisa jadi tempat bersilaturahmi, reuni, dan ketemu dengan orang. Kawasan ini bisa menjadi prototipe untuk kota-kota lain. Ini kolaborasi kiya semua. Dukungan Pemkot Serang sangat luar biasa,” kata dia.

Sebelum dilaunching, Katuran Dahar sudah beroperasi. Namun pedagang masih belum banyak. Saat ini para pedagang makanan yang mulai berjualan pukul 17.00-22.00 atau 24.00 WIB ini tersebar di tiga gang pertokoan Pasar Lama Kota Serang.

Beberapa kuliner yang bisa dijumpai antara lain Bubur Setan Pasar Lama yang legendaris, Mi Ayam Samsiyah, pecel lele, nasi goreng, dimsum, dan banyak lagi. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button