Highlight

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Bahas Perkembangan Perekonomian 2024 dan Proyeksi Ekonomi 2025 di Economic Outlook

ZETIZENS.ID – Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Ameriza M Moesa memaparkan tentang perkembangan perekonomian 2024 dan proyeksi ekonomi 2025 di acara Economic Outlook yang digelar Pokja Ekbispar di Aston Serang Hotel, Jumat (18/10/2024).

Ameriza menyebut, pada triwulan II 2024 laju pertumbuhan ekonomi Banten mencatatkan kinerja yang positif sebesar 4,70 persen (YoY). Capaian tersebut lebih baik dari Triwulan sebelumnya sebesar 4,51 persen (YoY) di tengah LPE.

Proyeksi pertumbuhan ekonomi Banten. Kata dia, 4,7-5,5 persen.

“Proyeksi pertumbuhan ekonomi 2024 diproyeksikan tetap positif dibandingkan 2023 didorong oleh komponen investasi pada sisi pengeluaran serta pertanian dan konstruksi pada sisi lapangan usaha,” jelasnya.

Faktor upside potential pendukung pertumbuhan ekonomi yang dipaparkan Ameriza antara lain, pencabutan tax rebate China, rencana penurunan fed fund rate, mulai beroperasinya pabrik baru dan peningkatan kapasitas produksi besar pada industri baja dan petrokimia, penerapan RTRW pemerintah Daerah dalam pengembangan kawasan agroindustri dan revitalisasi saluran irigasi, kenaikan UMP 2024, dan peningkatan demand terhadap quality leisurr meningkatkan permintaan terhadap pariwisata domestik.

Sementara untuk faktor downside risk yang dipaparkan Ameriza, berlanjutnya ketidakpastian global mengurangi demand dari negara mitra dagang, rerjadinya gangguan supply dan demand global untuk industri petrokimia, ketegangan geopolitik, fenomena black monday, bea masuk impor bahan baku relatif tinggi sebesar 5 persen, risiko terbatasnya konsumsi kelas bawah dan tertahannya konsumsi kelas atas, serta penurunan luas panen dan alih fungsi.

Secara keseluruhan 2024, ia menyimpulkan,
inflasi Banten diprakirakan relatif moderat di tengah tantangan 2024, namun tetap terkendali.

Mencermati perkembangan inflasi terkini, kata dia, dinamika eksternal dan domestic, pergerakan harga komoditas, inflasi tahunan 2024 diperkirakan berada pada kisaran
2.5±1% (YoY) dan diperkirakan lebih rendah dibandingkan tahun sebelumnya.

Faktor pelemahan nilai tukar, masih ketatnya suku bunga global, tibanya Pemilu
2024 dan beberapa regulasi pemerintah diperkirakan dapat menekan inflasi lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya.

Terkait inflasi, Ameriza menjelaskan,.relatif aman. Bahkan deflasi 2,03 persen. Pada September 2024, Provinsi Banten mengalami deflasi -0,26 persen (mtm) lebih rendah dibanding nasional sebesar -0, 12 persen (mtm) dan lebih rendah dibanding bulan lalu yang mengalami inflasi se edar 0,01 persen (mtm). Secara tahunan dan kumulatif, inflasi Banten sebesar 2,03 persen (yoy) dan 0,78 persen (ttd).

“Tahun depan ekonomi Banten diprediksi lebih baik dari 2024. Ada PT Lotte Chemical Indonesia yang resmi beroperasi juga jalan tol Serang Panimbang,” tukasnya. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button