Life Style

Daredevil, Si Superhero Ikonik Melihat dengan 4 Indra

ZETIZENS.ID – Setelah kemunculannya pada beberapa film Marvel Cinematic Universe sebagai cameo, banyak yang berharap sang superhero Daredevil ini kembali muncul dalam filmnya sendiri.

FYI, Daredevil adalah pahlawan super yang muncul dalam buku komik Amerika terbitan Marvel Comics. Dibuat oleh penulis-editor Stan Lee dan artis Bill Everett, dengan masukan yang tidak ditentukan dari Jack Kirby, karakter tersebut pertama kali muncul di Daredevil #1.

Film 2003

Versi film yang tayang pada 2003 berdasarkan buku komik yang disutradarai oleh Mark Steven Johnson. Dibintangi Ben Affleck sebagai Daredevil.

Ini adalah film Amerika Serikat yang berdasarkan dari komik yang diterbitkan oleh Marvel Comic. Daredevil diciptakan oleh Stanley Lyeber/Stan Lee dan Bill Everest.

Identitas aslinya adalah Matthew Michael Murdock/Matt Murdock, putra tunggal dari seorang petinju jalanan yang sangat terkenal bernama Jack “Devil” Murdock. Matt bersama ayahnya bertempat tinggal di Hells Kitchen.

Kisah berawal dari sebuah kecelakaan yang menimpa Matt ketika kecil. Sebuah drum berisi limbah kimia jatuh dan menimpa Matt sehingga Matt terkena limbah kimia tersebut.

Ini menyebabkan Matt kehilangan penglihatannya. Namun sebagai gantinya, keempat indra Matt yang lainnya menjadi sangat tajam, terutama telinganya yang sepeka radar.

Suatu hari, Matt mendapati ayahnya dibunuh oleh sekelompok penjahat. Hal itu dikarenakan ayahnya tidak mau mengalah kepada lawannya pada sebuah pertandingan tinju.

Sejak saat itu Matt berjanji akan menumpas kejahatan, dan setelah dewasa ia menjelma menjadi Daredevil.

Daredevil mempunyai banyak julukan, di antaranya ‘Man without fear'(Manusia Tanpa Takut), ‘iblis pelindung (guardian devil)’ dan sebagainya.

Matt sebagai daredevil memiliki keahlian beladiri yang ia pelajari secara otodidak. Daredevil juga mempunyai sebuah senjata berupa tongkat yang bisa dipisah, dijadikan tongkat peraba orang buta, dan bisa mengeluarkan kawat atau tali untuk berayun.

Setelah dewasa Matt menutup identitasnya dengan menjadi seorang pengacara. Ia memiliki partner bernama Franklin “Foggy” Nelson.

Matt juga menemui beberapa penjahat tangguh seperti Bullseyes, seroang pembunuh bayaran dengan Presisi mematikan. dan Kingpin/Wilson Fisk.

Selain itu ia juga bertemu dengan gadis pujaannya yang bernama Elektra Natchios yang ahli dalam bela diri terutama dalam menggunakan trisula/sai.

Saat ayah dari Elektra Natchios (Jennifer Garner) Nikolas, dibunuh oleh Bullseyes, Matt yang telah menjelma menjadi Daredevil berusaha untuk melindunginya namun ketika ia akan menangkap tongkat yang akan menusuk Tuan Nikolas, motor Bullseyes meledak sehingga pendengarannya menjadi terganggu dan gagal untuk menangkap tongkat itu.

Kesalahpahaman terjadi oleh Elektra dan Matt. Elektra mengira bahwa daredevil yg membunuh ayahnya. Sejak saat itu elektra mulai menjauhi & berusaha untuk membunuh Matt.

Matt lalu marah pada Bulls eyes,dan melancarkan aksi balas dendam. Tragisnya, Matt sempat diserang oleh Elektra yang marah, tetapi Matt yang masih memakai kostum Daredevil menunjukkan wujud aslinya, sebelum Elektra dibunuh oleh Bullseyes.

Matt kemudian bertemu Bullseyes di gereja dimana Matt tinggal. Walau didesak oleh Bullseyes berkali-kali, Matt akhirnya menang dari Bullseyes & menjatuhkan Bullseyes di atas mobil salah seroang jurnalis, Ben Urich.

Setelah urusan dengan Bulleyes selesai, Matt kemudian pergi ke tempat Kingpin. Pertarungan terjadi di antara keduanya.

Matt yang didesak oleh kekuatan Kingpin mengingat kemampuan dalam mencari orang lewat air. Dia membocorkan tangki air & menghajar Kingpin dengan cepat.

Otomatis Matt yang akhirnya menang & Kingpin akhirnya dipenjara. Film berakhir ketika Urich yang mengetik indentitas Daredevil, kemudian menghapus makalahnya & melihat Daredevil di luar pintunya. dan Daredevil kemudian beraksi lagi.

Pada ending-nya, Bullseyes yang dirawat di rumah sakit tahanan, masih dapat melempar benda secara akurat & tepat sasaran. Sepertinya Bullseyes ingin balas dendam pada Daredevil.

Versi Komik

Frank Miller yang berpengaruh pada judul tersebut pada awal tahun 1980-an mengukuhkan karakter Daredevil sebagai bagian yang populer dan berpengaruh dari Marvel Universe.

Kisah asal-usul Daredevil menceritakan bahwa ketika tinggal di lingkungan Hell’s Kitchen yang secara historis kumuh atau penuh kejahatan, lingkungan kelas pekerja Irlandia-Amerika di New York City, Matthew Michael “Matt” Murdock dibutakan oleh zat radioaktif yang jatuh dari truk setelah ia mendorong seorang pria ke tempat yang aman dari kendaraan yang melaju.

Meskipun ia tidak dapat melihat lagi, paparan radioaktif tersebut meningkatkan indra yang tersisa di luar kemampuan manusia normal dan memberinya “indra radar”.

Ayahnya, seorang petinju bernama Jack Murdock, mendukungnya saat ia tumbuh dewasa, meskipun Jack kemudian dibunuh oleh gangster setelah menolak untuk berkelahi.

Setelah mengenakan kostum kuning dan merah tua (kemudian semuanya berwarna merah tua), Matt berusaha membalas dendam terhadap para pembunuh ayahnya sebagai pahlawan super Daredevil, melawan banyak musuhnya, termasuk Bullseye dan Kingpin.

Ia juga menjadi pengacara setelah lulus dari sekolah hukum bersama sahabat sekaligus teman sekamarnya, Franklin “Foggy” Nelson. Daredevil juga dikenal dengan julukan seperti “Man Without Fear” dan “Devil of Hell’s Kitchen”. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button