Edu

Olah Data Itu Penting! Mahasiswa Tim II KKN Undip Adakan Pelatihan Pengolahan Data Menggunakan Microsoft Excel

ZETIZENS.ID – Yoga Kurniawan,Tim II KKN dari Universitas Diponegoro (Undip) melaksanakan kegiatan pelatihan microsoft excel dan pengolahan data dasar untuk anak-anak di Desa Ketoyan, Wonosegoro, Boyolali pada 4 Juli 2024 lalu.

Kegiatan ini ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dasar untuk anak-anak dalam pengolahan data yang efisien,dan relevan sesuai informasi yang diterima.

Pelatihan ini diikuti oleh siswa/i SMP Muhammadiyah 5 Wonosegoro.

Kegiatan ini dibuka dengan memaparkan pentingnya data dalam era digital yang semakin hari semakin berkembang.

Oleh sebab itu,dengan adanya perkembangan ini,kita sebagai anak- anak penerus bangsa wajib mengikuti perkembangan yang ada.

Kegiatan pelatihan ini diawali dengan mengenalkan bagian – bagian dari komponen Microsoft Excel guna untuk mengetahui fungsi-fungsinya dalam pengolahan data.Siswa/i tampak antusias mengikuti presentasi dan mempraktekannya secara langsung dengan menggunakan laptop masing-masing.

Kemudian, pelatihan dilanjutkan dengan mengenalkan formula/rumus yang terdapat pada Microsoft Excel.

Formula/rumus yang dikenalkan pada siswa SMP Muhammadiyah 5 Wonosegoro ini dapat digunakan untuk mengolah data dasar,seperti fungsi SUM untuk menghitung data dalam rentang, fungsi COUNT untuk menjumlahkan banyak data,fungsi AVERAGE untuk menghitung rata – rata data dalam rentang,dan masih banyak fungsi lainnya.

Setelah sesi pengenalan rumus/formula, siswa diajak untuk mengenal lebih dalam dalam penggunaan Microsoft Excel yaitu mengenal grafik – grafik dan tabel yang dapat digunakan untuk pengolahan data.

Pada sesi ini, siswa tampak lebih antusias lagi dengan melihat grafik -grafik dan tabel yang ditampilkan dari kumpulan data yang telah dibuat.

Diharapkan dengan adanya pelatihan ini, meningkatkan pemahaman dan kesadaran anak dalam pentingnya data untuk diolah secara efisiensi dan efektif sehingga data tersebut dapat digunakan secara maksimal ke depannya.

Setelah dilaksanakan pemaparan materi, sesi selanjutnya dilaksanakan latihan/studi kasus dengan menggunakan data dengan mengambil persoalan sesuai materi sebelumnya.

Sesi ini diharapkan dapat melihat kemampuan siswa Muhammadiyah 5 Wonosegoro dalam pengolahan data yang telah dipaparkan.

Untuk meningkatkan semangat siswa, Tim KKN Undip menyediakan susu yang dibagikan setelah kegiatan selesai.

Setelah pemaparan materi dan praktek microsoft excel terhadap siswa telah selesai, modul yang telah dibuat diserahkan kepada guru – guru SMP Muhammadiyah 5 Wonosegoro guna untuk memberikan wawasan tentang Microsoft Excel untuk ke depannya.

Dengan berakhirnya kegiatan pelatihan pengolahan data menggunakan microsoft excel,tim KKN Undip merasa senang dan puas telah berbagi pengetahuan kepada siswa dan diterima dengan baik oleh warga sekolah SMP Muhammadiyah 5 Wonosegoro. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button