Traveling

Memesan Makanan Tanpa Mengantri, Menggunakan Teknologi Self Order

ZETIZENS.ID – Bisnis coffee shop atau cafe kini semakin menjamur di berbagai daerah, bahkan bukan hanya di wilayah perkotaan saja. Hal ini disebabkan oleh kebiasaang enerasi milenial yang sangat suka nongkrong.

Tidak sedikit dari mereka apabila ditanya, generasi milenial akan lebih memilih kafe sebagai tempat nongkrong dibandingkan warung kopi.

Alasannya cukup sederhana seperti karena tempatnya nyaman untuk menghilangkan rasa bosan, nongkrong sudah menjadi gaya hidup agar terlihat eksis, promosi menarik dari sosial media, tempatnya nyaman untuk mengerjakan tugas dan kerja, dan pilihan menunya pun cukup lengkap.

Di era yang semakin modern ini semua seperti serba dipermudah, salah satunya dengan kehadiran teknologi memesan makanan tanpa mengantri atau yang bisa kita sebut self order.

Apakah kamu pernah mendatangi restoran yang sudah menggunakan sistem teknologi self order? Bagaimana kesan pertama anda setelah menggunakan teknologi tersebut? Lebih mudah, cepat, dan praktis?

Atau malah sebaliknya, lebih merasa rumit dan membingungkan? Atau kamu justru belum punya pandangan
apapun karena belum pernah mencoba teknologi self order.

Sebagai gambaran, teknologi self order pada dasarnya berwujud sebuah perangkat yang memungkinkan pelanggan restoran memesan dan membayar makanannya secara mandiri tanpa pelayanan dari kasir atau pelayan.

Dengan teknologi tersebut memungkinkan pelanggan memesan makanan hanya dengan scan QR Code Barcode menu yang diletakkan di setiap meja restoran.

Pelanggan akan langsung diarahkan ke sebuah halaman yang menampilkan daftar menu makanan. Lewat halaman itulah pelanggan bisa memilih makanan sesuai yang diinginkan.

Salah satu keunggulannya adalah restoran yang kita datangin lebih hygiene karena yang lainnya biasanya menggunakan buku menu yang dipegang banyak orang, bayar dengan uang tunai. Sedangkan jika sudah menggunakan teknologi tersebut, dari pesan makanan sampai pilih minuman semua bisa dilakukan secara mandiri dari HP costumer.

Sangat menarik bukan? Tentunya akan memberikan kesan yg berbeda bagi kamu yang baru pertama kali menjajal teknologi tersebut.

Salah satu kafe yang pernah saya kunjungi dan sudah menerapkan teknologi canggih seperti ini adalah Beach Point yang terletak di Pantai Anyer, Serang – Banten.

Dengan fitur yang lebih canggih dan praktis, hal inilah yang akan otomatis menarik perhatian kaum milenial. Hal ini juga dapat menjadi keuntungan tersendiri bagi pemilik kafe atau restoran, karena memungkinkan lebih banyak pelanggan milenial yang datang ke cafe atau restoran tersebut. (*)

Ditulis oleh Silva Mimul Mubarokah, mahasiswi KPI 3A UIN SMH Banten. Artikel ini untuk melengkapi tugas mata kuliah Perkembangan Teknologi
Komunikasi dan Informatika. Mi

Tulisan Terkait

Back to top button