Khazanah

Syuting di Masjid Jepang, Haruka Promosikan Wisata Halal Jepang

ZETIZENS.ID – Haruka Nakagawa eks member JKT48 dan AKB48 membagikan postingan di Instagram memakai kerudung dan berada di masjid Jepang. Apakah Haruka mualaf? Eits nanti dulu.

“Hari ini aku shooting di Masjid Jepang. Kalau kalian datang ke Tokyo, jangan khawatir sekarang ada masjid ya,” tulis Haruka.

Di dalam foto, Haruka berada di gedung bertuliskan Japan Halal Foundation.

Jangan salah, di Jepang sudah banyak makanan halal loh. Secara ya banyak orang Indonesia berwisata ke sana.

FYI, cara ini mengetahui review produk dari konsumen lain mengenai produk makanan yang akan kamu beli apakah halal atau non halal untuk dikonsumsi kalangan muslim/muslimah bisa dengan cek di Google dan aplikasi khusus dengan kata kunci Halal Jepang.

Pesawat

FYI, Japan Airlines juga telah meluncurkan konsep baru untuk hidangan di Business Class dalam penerbangan dari Jakarta: hidangan ini merupakan perpaduan bahan-bahan tradisional Indonesia dengan masakan ciri khasJepang.

Ditambah lagi, tampilan hidangannya yang membuat seperti masakan Jepang asli yang menambah cita rasa di setiap gigitannya.

Hidangan ini memberikan sentuhan unik pada layanan kami dari Jakarta.
Semua hidangan dari Jakarta, termasuk Premium Economy Class dan Economy Class, disiapkan sesuai dengan prinsip ajaran Islam, sehingga memungkinkan semua penumpang menikmati hidangan spesial kami.

“Kami berharap penumpang kami menikmati perpaduan kuliner Jepang dan Indonesia yang ditawarkan secara eksklusif oleh JAL,” tulis JAL di akun resmi mereka.

Selain Moslem Meal, semua makanan yang dihidangkan (Japanese and Western Meals) telah mendapatkan persetujuan Halal dari Departemen Pengembangan Islam Malaysia.

Masjid

Di Jepang juga terdapat beberapa masjid, jadi tidak hanya satu ya. Berikut ini deretan masjid yang disebut laman Blibli:

Masjid Kobe 480

Masjid Kobe adalah masjid tertua di Jepang yang berdiri tahun 1935 dengan jasa arsitek asal Ceko, Jan Josef Svagr. Uniknya, masjid Kobe terlihat memiliki gaya arsitektur megah khas Turki. Di bagian depannya ada dua menara. Masjid yang beralamat di 2 Chome-25-14 Nakayamatedori, Chuo Ward, Kobe, Hyogo 650-0004 ini juga memiliki ruangan bawah tanah.

Masjid Camii Tokyo 260

Masjid di Jepang berikutnya adalah Masjid Camii Tokyo 260 yang juga berfungsi sebagai pusat kebudayaan Turki. Pembangunan Masjid Camii Tokyo 260 sudah dimulai tahun 1938, tapi sempat mengalami kerusakan parah, sehingga harus dibangun ulang dan selesai tahun 2000.

Saat ini, Masjid Camii Tokyo 260 adalah masjid paling besar yang ada di Jepang. Alamatnya ada di 1-19 Ōyamachō, Shibuya City, Tokyo 151-0065. Masjid ini buka setiap hari dan banyak dikunjungi oleh umat Muslim sedunia yang sedang berkunjung ke Tokyo, Jepang.

Masjid Asakusa

Masjid Asakusa adalah tempat ibadah yang juga memiliki perpustakaan di dalamnya. Di sana juga banyak kegiatan pengajian untuk orang dewasa dan pendidikan Alquran untuk anak-anak. Masjid yang dikelola oleh Japan Mosque Foundation ini sudah dibangun sejak tahun 1998.

Alamatnya adalah 1 Chome-9-12 Higashiasakusa, Taito City, Tokyo 111-0025Untuk menuju ke sana, wisatawan bisa naik bus dan turun di Higashi Asakusa Bus stop, lalu jalan kaki sekitar 1 menit.

Masjid Fukuoka

Masjid di Jepang yang juga dikenal dengan nama Al Nour Islamic Culture Center ini adalah masjid pertama di Pulau Kyushu. Kehadiran masjid ini tidak lepas dari pendirian Pusat Islam Fukuoka oleh mahasiswa Muslim di Universitas Kyushu tahun 1998.

Masjid dengan kapasitas 300 orang ini juga dikenal dengan nama Al Nour Islamic Culture Center. Dikutip dari website resminya di fukuokamasjid.org, masjid ini melayani kebutuhan umat Islam di Wilayah Kyushu.

Masjid Indonesia Tokyo

Masjid yang satu ini mulai digunakan sejak 2017 dan dibangun dengan prakarsa orang masyarakat Indonesia. Prosesnya cukup lama karena sempat terkendala soal biaya. Tapi, akhirnya bisa berdiri di kompleks Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) atas dukungan berbagai pihak.

Buat masyarakat Muslim Indonesia yang sedang di Tokyo, jangan lupa untuk mampir ke Masjid Indonesia Tokyo. Di masjid ini, lantai 1 dipakai untuk jamaah pria, lantai 2 dipakai untuk jamaah wanita, basement 2 untuk wudhu, dan basement 1 ada perpustakaan dan pusat kebudayaan Indonesia. Kamu bisa datang kapan saja ke Masjid Indonesia Tokyo karena masjid ini buka 24 jam.

Masjid Nagoya

Walaupun pembangunannya selesai pada tahun 1998, sebenarnya umat Muslim di sekitar masjid tersebut telah mengumpulkan sumbangan untuk membangun Masjid Nagoya sejak tahun 1980.

Masjid ini di Jepang juga menjadi pusat kegiatan Islam di daerah tersebut, seperti untuk zakat, pernikahan, pusat penerimaan mualaf, dan juga konsultasi tentang Islam.

Cara menuju ke Masjid Nagoya bisa lewat jalur Higashiyama subway menuju stasiun Honjin, jalur Meitetsu ke stasiun Sakou, atau dari stasiun Nagoya jalan kaki sekitar 15 menit.

Masjid Gifu

Masjid Gifu termasuk masjid paling indah yang ada di Jepang, baik di siang hari, malam hari, ataupun di musim salju. Mulai digunakan tahun 2008, masjid ini memiliki ciri khas kubah putih seperti masjid di timur tengah.

Masjid yang lokasinya dekat dengan Universitas Gifu ini juga ramai setiap bulan Ramadan. Alamat Masjid Gifu adalah 501-1125 Gifu, Furuichiba, Higashimachida 8.

Masjid Yokohama

Masjid Yokohama adalah satu-satunya masjid di Yokohama yang sudah berdiri sejak tahun 2006. Pastinya masjid ini selalu menjadi tempat ibadah umat Muslim yang tinggal di kota tersebut.

Masjid Yokohama sempat direnovasi selama 10 bulan dan dibuka kembali pada Oktober 2020. Bukan cuma menjadi tempat ibadah, tapi Masjid Yokohama juga sering mengadakan acara khusus, pendidikan Islam untuk anak-anak, dan berbagai aktivitas untuk warga Muslim setempat.

Lalu bagaimana akses ke sana? Dari stasiun Nakamachidai jalan kaki 20 menit dan jalan kaki 2 menit dari Tsuzuki, keluar dari Daisan Keihin Highway. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button