Putri Hijau dan Desa Kehidupan, Iklan Marjan 2024 yang Semakin Ciamik

ZETIZENS.ID – Makin kesini, iklan sirup Marjan memiliki kualitas yang gak kaleng-kaleng. Berbalut efek CGI yang terus diupgrade, cerita yang penuh makna, wajar kalau netizen menyebut iklan ini Marjan Cinematic Universe.
Secara nih, tidak hanya memunculkan sirup Marjan aneka warna menggoda dalam iklan versi 30 dan 60 menit, tapi juga menampilkan superhero berbalut lokalitas yang membuat warga kosong plus enam dua yakin, Indonesia bisa kok bikin film superhero berteknologi CGI yang nggak cringe.
FYI, surup Marjan punya trend yakni selalu viral di momen mendekati bulan Ramadan. Mereka selalu menyajikan iklan dengan teknologi terbaru di tiap tahunnya.
Marjan pun merilis teaser iklan sinematiknya di YouTube pada Minggu (11/2/2024) yang gak kalah kece dari tahun-tahun sebelumnya
Ya, banyak netizen yang bilang kalau editan video iklan ini benar-benar next level.
Produsen sirup Marjan dikenal gak hanya karena produknya. Mereka juga memiliki reputasi sebagai produk yang memiliki iklan-iklan antimainstream.
Marjan disebut warganet memiliki kualitas iklan setara dengan tayangan-tayangan film. Oleh karena tiap tahun rilis iklan cinematic, warganet menyebut Marjan memiliki MCU sendiri, alias Marjan Cinematic Universe.
Untuk 2024 ini mengangkat cerita tentang Putri Hijau dan Desa Kehidupan. Isu green generation, green industry, dan green-green lainnya diangkat secara apik diwakili remaja bernama Putri Hijau yang mencoba menyelamatkan bumi dari kerusakan. Sudah nonton iklannya di televisi atau YouTube?
Urutan Iklan
Laman IDN membuat urutan iklan sirup Marjan. Ternyata Marjan mulai membuat iklan sinematik pada 2010, dimulai dengan iklan bertajuk Mudik.
Mengisahkan cucu yang pulang ke kampung kakeknya, iklan tahun 2011 ini mengusung tema silat.
Pada 2012, produk sirup ini mengeluarkan iklan tentang sportivitas dalam lomba perahu.
Dibagi menjadi tiga bagian, iklan pada tahun 2014 mengambil cerita kemeriahan festival balon.
Marjan sering membagi iklannya menjadi tiga bagian, termasuk iklan tahun 2015 yang bertema sepak takraw.
Pada 2016, Marjan mengangkat soal kesenian daerah Banten bernama rampak bedug.
Iklan tahun 2017 cukup unik, karena menggabungkan tari Betawi dan sepatu roda
Pada 2018, rangkaian iklan Marjan bercerita tentang Robot Golek, tamu Jepang, dan Cepot Dawala.
MCU
Marjan memang konsisten merilis iklan dalam bentuk film pendek setiap satu tahun sekali.
Trik marketing unik tersebut ternyata sukses membuat iklan Marjan menjadi salah satu iklan yang melekat erat di pikiran masyarakat Indonesia.
Kualitas film pendek yang dirilis bahkan dianggap setara Marvel, membuat seri iklan Marjan memperoleh titel Marjan Cinematic Universe.
Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, Marjan unjuk kualitas editing yang mumpuni serta efek visual yang tak kalah memukau dari film layar lebar. Apakah benar Marjan sebenarnya production house berkedok pabrik sirup seperti yang dikatakan netizen?
Berikut laman Kapanlagi, merangkum iklan Marjan sejak 2019 yang memiliki cerita unik dan efek CGI yang wow.
Timun Mas
Sejak 2019, Marjan mengadaptasi salah satu cerita rakyat terkenal yang berasal Jawa Tengah. Tak lain dan tak bukan, cerita rakyat tersebut adalah Timun Mas.
Kisah bermula ketika sepasang suami istri yang tak kunjung mendapat momongan akhirnya menerima tawaran dari Buto Ijo. Diberikanlah kepada sepasang suami istri tersebut benih timun. Benih tersebut nantinya akan tumbuh dan menghasilkan buah besar yang berisi seorang anak di dalamnya.
Yang unik dari iklan Marjan versi 2019 adalah perpaduan elemen tradisional dan islami di sepanjang jalan cerita. Setelah melewati kejar-kejaran yang tak membuahkan hasil, Buto Ijo memutuskan untuk berdamai dengan Timun Mas dan menikmati momen lebaran bersama. Tak lupa, Buto Ijo ikut meneguk sirup Marjan.
Purbasari dan Lutung Kasarung
Masih mengusung tema cerita rakyat nusantara, kali ini Marjan menghadirkan tokoh legendaris Purbasari dan Lutung Kasarung.
Tak terima saudarinya menjadi penerus tahta, Purbararang memanggil seorang penyihir untuk mengutuk Purbasari. Memutuskan pergi dari kerajaan, Purbasari justru bertemu Lutung Kasarung. Ketulusan hati keduanya mampu mengalahkan sihir jahat dan meluluhkan kutukan.
Melalui film pendek adaptasi Lutung Kasarung, Marjan membawa pesan kebaikan di bulan Ramadhan. Ketika kekuatan baik bersatu, kejahatan pun musnah. Semua orang bergembira dan menikmati momen lebaran bersama Marjan.
Singabarong dan Kelana
Tak kehabisan ide, Marjan mengusung tema superhero dalam iklan versi 2021. Dikisahkan, ada dua pahlawan bernama Singabarong dan Kelana. Meski keduanya memiliki misi untuk menjaga perdamaian, Singabarong dan Kelana tidak dapat bekerja sama.
Ketika Codot Bati datang dan menculik anak-anak, Singabarong dan Kelana tak punya pilihan. Keduanya memutuskan bersatu untuk menumpas kejahatan.
Totalitas dalam mempromosikan budaya Indonesia, Marjan mengambil inspirasi superhero dari Reog Ponorogo. Visual dan adegan action yang disajikan pun sangat memuaskan, benar-benar setara film layar lebar.
Dewi Sri Versus Kala Wereng
Tahun nya, Marjan Cinematic Universe menceritakan kisah Dewi Sri melawan Kala Wereng. Di Desa Lembah Ajaib, warga siap menyambut dan merayakan panen raya.
Namun, Kala Wereng dan Pasukan Hama tiba-tiba datang mengacaukan segalanya. Sebagai pelindung, Dewi Sri berusaha menghadang Kala Wereng dan Pasukan Hama yang ingin menjarah hasil panen.
Dewi Sri berhasil mengembalikan kedamaian di Desa Lembah Ajaib. Dewi Sri dan para warga kemudian berkumpul, menikmati sirup Marjan sambil merayakan kemenangan. Marjan menjadi hidangan yang tepat untuk menyegarkan dahaga dan mengembalikan kebahagiaan.
Terbagi dalam tiga bagian film pendek, Marjan Cinematic Universe versi 2022 membawa kearifan lokal berupa tradisi pertanian di Indonesia. Mengambil set lokasi di tengah hamparan sawah dan pegunungan, iklan Marjan versi 2022 juga menonjolkan kekayaan bumi pertiwi berupa bentang alam yang indah
Baruna Sang Penjaga Samudera
Dalam film pendek bertajuk BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA, Marjan mengangkat kisah seorang penjaga laut bernama Baruna.
Sampah yang mengotori lautan ternyata membangkitkan sesosok monster naga yang menyerang para nelayan. Sebagai penjaga laut, Baruna berusaha melawan dan memusnahkan monster tersebut.
BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA terbagi menjadi dua bagian film pendek. Dalam film tersebut, terdapat adegan masyarakat di sekitar laut yang berkumpul bersama dan menikmati Marjan.
Sirup Marjan berhasil menyatukan Baruna dan para nelayan yang telah bersama-sama berjuang memusnahkan sang monster naga.
Tidak hanya mempromosikan sirup Marjan, BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA juga mengangkat isu lingkungan. Melalui film pendek satu ini, Marjan berusaha mengingatkan kita akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan.
Hal ini menjadikan iklan Marjan pantas menerima berbagai apresiasi dan pujian.
Duh seru kali ya kalau ada versi filmnya? (Hilal)