Edu

Pelepasan Mahasiswa Kukerta: Kelompok 54 UIN SMH Banten Siap Mengabdi ke Masyarakat Selama 40 Hari

ZETIZENS.ID – Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten menyelenggarakan pelepasan kepada mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) tahun 2024 dengan tema “Kampus Membangun Desa”.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa (16/0/7/2024) di Gedung Convention Hall Lt. 2 UIN SMH Banten.

Kukerta merupakan kegiatan intrakulikuler yang wajib diikuti oleh mahasiswa dan dilindungi oleh undang-undang no 22 tahun 1961 tentang perguruan tinggi.

Pada kegiatan Kukerta ini, selain mahasiswa belajar menerapkan ilmu yang di dapatkan di bangku kuliah, tetapi juga bertujuan untuk menimba pengalaman langsung dari masyarakat.

Jumlah peserta Kukerta tahun 2024 berjumlah 1.685 mahasiswa, terdiri dari 653 mahasiswa laki-laki dan 1.032 mahasiswa perempuan.

Mereka berasal dari 5 Fakultas, yaitu Fakultas Dakwah, Fakultas Syari’ah, Fakultas Ushuludin dan Adab, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, dan Fakultas Sains.

Salah satunya kelompok 54, yang di tempatkan di Desa Sinarjaya, Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kegiatan Kukerta dilaksanakan selama 40 hari, mulai dari 16 Juli 2024 – 24 Agustus 2024.

Peserta kelompok 54 terdiri dari 14 mahasiswa dari masing-masing jurusan. Dengan dosen pembimbing lapangan (DPL) Dr. Helnanelis untuk membimbing kelompok 54, supaya menghasilkan program kerja yang bermanfaat untuk masyarakat Desa Sinarjaya.

Kukerta di Desa Sinarjaya diharapkan, supaya menjadi fasilitator yang baik untuk Desa Sinarjaya.

“Semoga kelompok 54 menjadi fasilitator yang baik dan kaffah sesuai dengan tema kelompok 54, yaitu khidmat untuk masyarakat dengan lillah dan kaffah,” ujar Etien selaku sekertaris kelompok 54. (Farantika Royani)

Tulisan Terkait

Back to top button