Edu

Festival Literasik, Sik Asik Bareng Literasi

ZETIZENS.ID – Even literasi dikemas secara asik pada Festival Literasik di halaman pendopo Kantor Bupati Serang pada 11-15 September 2024.

Kegiatan yang dihelat oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (DPKD) Kabupaten Serang di Hari Kunjung Perpustakaan ini merupakan kerja sama antara DPKD Kabupaten Serang, UPA Perpustakaan Untirta dan IKAPI Banten.

Selain itu ada juga Out Of The Boox dan platform perpustakaan digital Kubuku yang terlibat dan mendukung penuh dalam festival ini.

Laman Serangkab.go.id menyebut, Aber Nurhadi selaku Kepala DPKD menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah ruang kolaboratif yang digagas bersama agar tingkat kegemaran membaca terutama di Kabupaten Serang meningkat.

Aber Nurhadi berharap dengan festival ini masyarakat dan komunitas sama-sama terlibat terutama dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang akan dihelat seperti sosialisasi literasi, bedah buku, seminar hingga pertunjukkan.

“Selain itu Festival Literasik juga menjadi bagian dari selebrasi satu dasawarsa Kabupaten Serang di bawah kepemimpinan Bupati Kabupaten Serang, Ratu Tatu Chasanah,” ungkapnya.

Selain festival, Aber Nurhadi juga menjelaskan, ada launching 100 perpustakaan desa digital.

Menurutnya, perpustakaan desa berbasis digital menjadi salah satu cara agar akses bacaan bisa diterima oleh generasi muda. Dalam hal ini DPKD menggandeng Kubuku dalam merealisasikannya.

“Untuk melengkapi buku konvensional yang sudah ada, perpustakaan desa juga harus dilengkapi dengan perpustakaan digital sehingga masyarakat diberikan alternatif akses yang cepat dan mudah,” tuturnya.

“Dengan begitu, harapan kami bisa meningkatkan tingkat kegemaran membaca,” lanjutnya.

Ia juga berharap dengan launching 100 perpustakaan desa digital ini, bisa dicatat menjadi rekor MURI.

Firman Hadiansyah selaku Kepala Perpustakaan Untirta yang ikut terlibat dalam festival ini mengungkapkan kebahagiaannya.

“Tidak gampang menjalin kolaborasi semacam ini apalagi urusan literasi. Saya kira momentum seperti ini harus terus disinergikan agar kelak masyarakat bisa memahami pentingnya literasi. Kami dari pihak universitas akan terus mendampingi dan terlibat,” tukasnya.

Andi Suhud Trisnahadi, Ketua IKAPI Banten bilang, sudah waktunya DPKD Kabupaten Serang beserta jajarannya untuk bergandengan tangan dengan berbagai komunitas literasi yang ada di Banten.

“Setahu saya para pegiat literasi di Banten sudah menggeliat dan memprakarsai banyak kegiatan literasi. Sebagai Ikatan Penerbit, IKAPI Banten sangat mendukung acara ini. Semoga makin banyak insan kreatif di Banten memanfaatkan kegiatan literasi semacam ini,” pungkasnya. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button