Edu

Membangun Kesadaran Digital : Literasi Media Digital Menjadi Fokus Utama Mahasiswa KKM Untirta

Dalam Mewujudkan Generasi Muda Anti Hoaks

ZETIZENS.ID – Pada 7 Agustus 2024, mahasiswa KKM Universitas Sultan Ageng Tirtayasa mengadakan Sosialisasi Literasi Media Digital dengan tema Mengkritisi Informasi Online Dengan Bijak.

Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 9 SMPN 1 Cimanggu, Pandeglang, Banten.

Acara ini bertujuan untuk membekali siswa dalam kemampuan berpikir kritis dalam menerima, mengelola, maupun menilai informasi yang beredar di dunia maya terutama di media digital yang sering kali menjadi sumber berita dan informasi utama bagi kalangan remaja.

Dalam acara ini menghadirkan dua narasumber utama yaitu mahasiswa Ilmu
Komunikasi Untirta yang mempunyai latar belakang akademis dalam bidang media dan komunikasi digital.

Kedua narasumber tersebut memberikan penjelasan terkait bagaimana cara atau tindakan ketika kita menerima informasi atau berita yang beredar di dunia maya khususnya media sosial.

Mulai dari memeriksa sumber informasi dan juga dampak yang dihasilkan ketika kita hanya menerima berita atau informasi tanpa menyeleksi keaslian sumber tersebut.

Tatang, Kepala Bidang Kurikulum SMPN 1 Cimanggu menyampaikan apresiasi
terhadap kegiatan ini. Ia menyampaikan bahwa untuk saat ini kemampuan
dalam digitalisasi sangat dibutuhkan apalagi diera yang serba canggih.

Dengan adanya mahasiswa diharapkan dapat mampu memberikan pemahaman yang sangat berguna bagi para siswa sehingga siswa bisa tahu dan menyadari akan pentingnya mengelola serta memilih informasi yang beredar di media sosial. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button