Viral

Logo HUT RI ke-79 Didesain Inggrid Asal Surabaya, Ini Filosofi Singkatnya

ZETIZENS.ID – Dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Indonesia mengadakan sayembara untuk logo HUT RI dengan tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”.

Sayembara tersebut dimenangkan oleh Inggrid Wenas seorang desainer asal Surabaya. Inggrid jadi pemenang dari total enam kelompok di bawah naungan organisasi asosiasi desainer grafis yang mengikuti sayembara, Inggrid dan tim berhasil memenangkan fase penilaian akhir.

Tak tanggung-tanggung, hadiah yang berhasil dibawa Inggrid dan tim mencapai Rp100 juta.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, logo HUT RI selalu dibuat dengan maknanya sendiri. Menilik dari akun Instagram @ideo.logie, setiap lekukan dalam logo tersebut menggambarkan kekayaan alam Indonesia seperti sungai, gunung, bunga, dan pohon.

Seperti yang diketahui bahwa sungai merupakan sumber kehidupan yang terus mengalir dan bergerak maju dan dinamis, gunung yang dimiliki Indonesia pada tiap-tiap daerahnya melambangkan kemegahan, flora yang menggambarkan keindahan, hingga batang pohon yang kokoh menandakan keteguhan.

Angka 79 mengandung banyak makna yaitu disusun dari bagian-bagian terpisah yang merepresentasikan bentuk Indonesia sebagai negara kepulauan.

Pada logo itu terdapat elemen yang menyerupai paruh Garuda, lambang negara yang berisi salah satu pilar kebangsaan yaitu Pancasila, serta melambangkan kekuatan negara.

Konsep visual logo, dibagi menjadi tujuh poin konsep. Yakni, negara kepulauan, lambang negara, pertumbuhan ekonomi, keberlanjutan, ekonomi hijau, persatuan dan harapan, serta kesetaraan. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button