Nusantara

Warga Rohingya Ditolak di Aceh, Ini Alasannya!

ZETIZENS.ID – Viral di media sosial dan sedang menjadi topik hangat yang kian rama diperbincangkan sebanyak 249 pengungsi Rohingya yang tiba di Bireuen, Aceh, menggunakan kapal kayu, ditolak warga.

Warga bahkan melarang mereka turun ke daratan. Mengetahui kedatangan pengungsi Rohingya lagi, masyarakat pun ramai-ramai mendatangi lokasi. Diketahui, ratusan pengungsi Rohingya sering kali terdampar di Aceh. Namun, kali ini kedatangan mereka benar-benar ditolak.

Penolakan pun kian membara ketika warga Rohingya semakin bertambah jumlahnya, banyak yang mengatakan kedatangan warga Rohingya kian memperburuk keadaan Indonesia.

Pasalnya, negara Indonesia pun bukan sebuah negara maju yang bisa menampung warga dari negara lain. Terlebih, masih banyak masyarakat yang kian membutuhkan bantuan baik tempat tinggal, makanan, dan masih banyak lagi.

Seorang pengungsi Rohingya yang akhirnya mendarat di Pidie mengaku khawatir dengan penolakan warga setempat.

Ditolaknya warga Rohingya oleh warga Aceh pun bukan tanpa alasan, melainkan karena karena warga Rohingya dinilai merepotkan masyarakat setempat karena tidak adanya tempat penampungan.

Selain itu warga mendapat kesan buruk dari pengungsi Rohingya sebelumnya, seperti tidak menjaga kebersihan dan tidak mengindahkan syariat Islam serta adat masyarakat Aceh.

Belum lagi, sebelumnya warga Rohingya pernah diberikan bantuan sembako berupa makanan, mineral, dan mi instan. Namun mereka nampak terlihat membuang bantuan tersebut.

“Tadi mereka kita bantu kita berikan nasi, mi instan, air mineral, beras dan lainnya. Awalnya mereka menolak yang kita kasih dan beras sama Indomie dibuang ke laut,” kata Kapolsek Jangka Ipda Novizal saat dimintai konfirmasi detikSumut, Kamis (16/11/2023).

Dengan segala hal kontroversial tersebutlah yang menyebabkan warga Aceh menolak kedatangan warga Rohingya. (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button