Nusantara

Chef Asal Indonesia Ini Kenalkan Kuliner Nusantara lewat Lagu

ZETIZENS.ID – Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, saat ini budaya Indonesia mulai tergerus oleh zaman karena masuknya budaya luar masuk ke Indonesia. Tak hanya budaya, kuliner nusantara pun kini mulai tergeser akan kuliner luar.

Sebagai langkah mengenalkan aneka ragam kuliner Nusantara kepada masyarakat luas, Jawel atau Jawel Husin seorang chef sekaligus musisi tanah air ini merilis karya musik yang berjudul “Rawon”.

Jawel mengungkapkan, alasan menciptakan lagu dengan judul Rawon ini merupakan bentuk ekspresi cintanya pada warisan masakan nenek moyang dan menjadi bagian kampanyenya yang paling sederhana.

Tak tanggung-tanggung, untuk menuangkan lirik lagu terbarunya ini juga dilakukan pengumpulan data terlebih dahulu dari berbagai sumber baik dari buku hingga wawancara secara langsung.

“Rawon berasal dari “kara rarawon,” sebuah kata yang terdokumentasi dalam Prasasti Taji yang ditemukan di Ponorogo pada tahun 901 Masehi, seiring dengan kejayaan Kerajaan Majapahit. Lagu ini bisa jadi inspirasi para generasi muda untuk bangga dan cinta peristiwa dibalik lahirnya makanan,” ujarnya.

Sebagian informasi, lagi yang berjudul Rawon ini merupakan salah satu lagu dari 12 karya musiknya yang bertemakan kuliner di album keduanya yang berjudul “Explorasa Nusantara”.

Meski laginya belum dirilis secara resmi, namun Jewel sudah membawakan lagi ini pada beberapa acara seperti Gelar Cipta Boga 2023 Unesa-Atalier of Pandhalungan dan ASEAN Festival di Lalaport Bukit Bintang City Center, Kuala Lumpur, Malaysia.

Jawel berharap, karyanya ini dapat menggugah para generasi muda untuk bangga dan cinta keanekaragaman yang dimiliki oleh Indonesia. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button