Life Style

#Serunya17an Ajak Kamu Ngonten Hari Kemerdekaan di Platform TikTok

TikTok Indonesia menggelar kembali kampanye #Serunya17an untuk mengajak kreator, brand, dan komunitas membuat konten seru dan bermanfaat.

ZETIZENS.ID – TikTok Indonesia kembali meramaikan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-80 dengan kampanye mereka #Serunya17an (dibaca; serunya satu tuju-an).

Kampanye ini mengajak para kreator konten, brand dan komunitas untuk dapat berkolaborasi membuat konten yang seru, berdampak dan bermanfaat.
“Serunya17an di TikTok juga memiliki satu tujuan yaitu untuk Indonesia Hebat,” ujar Anggini Setiawan selaku Communications Director TikTok Indonesia, saat ditemui Zetizen pada Selasa (12/8/2025) lalu di Kembang Goela, Jakarta Pusat.
Dengan jumlah pengguna aktif TikTok di Tanah Air yang mencapai 160 juta pengguna per Juli 2025, TikTok Indonesia dikatakan Anggini telah tumbuh sebagai ekosistem kreatif yang besar dan berpengaruh bagi pengguna platform ini.
Untuk itu, pada momen HUT RI tahun 2025,  TikTok mengajak lagi kreator untuk bisa meramaikan dan memaknai kemerdekaan RI di kreasi-kreasi kontennya.
“Merdeka berarti bebas, berdiri sendiri. Dan di TikTok ada banyak sekali pengguna yang berkreasi secara bebas, dan berdiri sendiri menyampaikan konten mereka. Dan ini juga sebagai bentuk kemerdekaan,” lanjut Anggini.
Masih menurut dia, melalui TikTok juga para konten kreator dan penggunanya sudah mampu mendapatkan penghasilan secara mandiri dari TikTok. Ini tentunya menjadi bagian dari solusi kreatif untuk masyarakat menjadi lebih berdaya.
TikTok Indonesia memberikan gambaran beberapa kreator konten yang mengangkat Indonesia dalam konten-konten berbagai bidang, Dennis Guido (@naktekpang) misalnya sukses memanfaatkan ilmu teknologi pangannya untuk mengajak masyarakat mengonsumsi makanan secara cerdas dan sehat dari hasil panen sendiri.
“Aku melihat dari sisi makanan, di mana sisi lainnya itu kita bisa buat sumber makanan sendiri. Aku mulai tahun lalu, nah 2025 ini  fokus ke pengembangan pangan di Indonesia, untuk Serunya17an, aku bakal bikin konten di daerah yang pangan lokalnya unik banget, tungguin ya,” kata pendiri Sitoloka Foundation itu ingin terus mengedukasi pangan dan gizi di Indonesia.
Cece Caramel, salah satu talent dan konten kreator nyanyi di TikTok juga menyampaikan animonya di kampanye Serunya17an.
“Aku biasa nyanyi, dan bikin konten nyanyi juga m, rajin bikin live nyanyi tiap hari. Nah untuk Serunya17an nanti aku siapin lagu-lagu nasional dan Kemerdekaan juga untuk penampilannya akan cosplay pakai baju daerah. Tungguin aku ya nyanyi lagu Bendera cokelat,” ujar juara 1 Gimme The Mic 2024, event menyanyi yang diselenggarakan TikTok global.
Nggak hanya Dennis dan Cece, untuk meramaikana perayaan TikTok #Serunya17an ini deretab kreator yang membuat konten unik dan berdampak positif lainnya antara lain, Reda Gaudiamo (@reda.gaudiamo) mengajak pengguna untuk menulis Surat buat Negeri, Erika Richardo (@erikarichardo) melukis di pesawat replika dari bahan daur ulang, Christie Basil (@christiebasil) mengeksplor teknik daur ulang tekstil bersama perempuan lokal lewat inisiatif #JadiBerartie.
Kreator lainnya akan mengangkat budaya dan kuliner di Festival Pacu Jalur di Riau.
Selain itu, ada mini series bertema kemerdekaan, tantangan tagar berhadiah, dan konten olahraga. (*)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button