Edu

Tingkatkan Kecerdasan Lingkungan, KKM 76 Untirta Cijengkol Sosialisasi

Pengelolaan Sampah Domestik dan Pembentukan Bank Sampah

ZETIZENS.ID – Sampah menjadi topik yang paling sering dibahas akibat dampaknya kepada alam dan sekitarnya. Perlu adanya tindakan, baik dari pemerintah maupun seluruh elemen masyarakat guna mengatasi dampak akibat sampah.

Maka dari itu, kelompok KKM 76 Untirta Desa Cijengkol mengadakan sosialisasi dengan judul ‘Sosialisasi Pengelolaan Sampah Domestik dan Pembentukan Bank Sampah’ pada 9 Agustus 2024.

Sosialisasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dari masyarakat sekitar akan buruknya membuang sampah sembarangan.

Selain itu sosialisasi ini juga diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat tentang 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle terhadap berbagai macam jenis sampah.

Adapun sosialisasi tersebut disampaikan oleh beberapa pemateri yang juga merupakan dosen dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, salah satunya yaitu Siti Gia Syauqiyah Fitri dari Jurusan Pendidikan Biologi.

Masyarakat sekitar pun turut antusias dalam menyambut sosialisasi tersebut, hal itu tercermin dalam banyaknya warga yang hadir untuk mendengarkan sosialisasi tersebut yaitu sebanyak 48 warga.

Antusias yang besar tersebut tentu harus dibarengi dengan tindakan yang nyata yaitu salah satunya dengan pembentukan bank sampah.

Pemateri menjelaskan tentang jenis-jenis sampah seperti organik, anorganik, dan sampah B3 atau sampah-sampah yang berbahaya. Selain itu, juga dijelaskan tentang simbol-simbol dari berbagai macam jenis plastik seperti HDPE, PET, LDPE, dan lainnya.

Warga juga diajarkan caranya untuk memanfaatkan sampah domestik seperti sisa-sisa makanan. Adapun caranya adalah dengan membuat pupuk kompos, eco enzyme, dan biopori yang dapat dimanfaatkan lagi sehingga tidak mencemari lingkungan.

Sejalan dengan hal itu, Erzandi selaku ketua dari kelompok KKM 76 Cijengkol berharap bahwa dengan adanya sosialisasi ini dapat menjadi langkah baru dalam pengelolaan sampah domestik dan pemanfaatan bank sampah.

“Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat membawa dampak baik kepada masyarakat Cijengkol. Selain itu juga saya harapkan bahwa dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah domestik serta memanfaatkan bank sampah,” jelas Erzandi.

Pihak perangkat desa pun menyambut baik kegiatan sosialisasi ini. Hal itu tentunya menunjukkan adanya keseriusan dari pihak pemerintah desa untuk menangani masalah sampah yang memang sudah menjadi agenda penting. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button