Nusantara

UPN Veteran Jakarta Gelar Penandatangan MOU & Pelatihan UMKM, Jalin Kerjasama Pentahelix

ZETIZENS.ID – Dalam rangka pencapaian sekaligus menunjang kinerja Universitas, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta Fakultas Ilmu Komputer melakukan kerjasama PKS Pentahelix di kantor Kecamatan Baros, Kabupaten Serang pada Selasa (5/12/2023).

Perjanjian kerjasama Pentahelix ini melibatkan dan dihadiri oleh Pemerintah Daerah Kecamatan Baros, Jefri Januar selaku Camat Baros, perwakilan Dinas Koperasi dan Perdagangan UMKM Kabupaten Serang, Yos, Deputi Kanwil IV Bank BJB, Kurniawan, Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Dr Anter Venus MA. Comm dan Direktur Utama PT Bima Banten Production, Susi Kurniawati.

Selain penandatanganan perjanjian kerjasama implementation agreement, kegiatan ini juga dilanjutkan dengan pelatihan untuk para UMKM dalam memperkenalkan knowledge literasi digital untuk memasarkan produk lebih baik.

Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jakarta, Dr Anter Venus MA. Comm menyebut kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka pengabdian Universitas dan Fakultas Ilmu Komputer kepada masyarakat untuk memberikan dampak pada Lingkungan.

“Kegiatan ini orientasi dalam rangka community development untuk pengembangan UMKM diberbagai wilayah dan ini salah satu binaan kita di kecamatan Baros. Ini dilakukan secara Pentahelix artinya UPN veteran Jakarta bekerjasama dengan kecamatan Baros untuk pemetaan seluruh potensi potensi yang ada UMKm termasuk untuk menggerakkan masyarakat yang ada di sini,” ujar Dr Anter Venus, M.A, Rektor Universitas Pembangunan Nasional (UPN).

Adapun tujuan dari pengembangan masyarakat ini, Dr Anter Venus mengungkapkan targetnya untuk memastikan UMKM yang ada di masyarakat terpetakan dan membantu dalam aspek literasi pemasaran digital dengan membuat dashboard yang langsung terhubung dengan Google Bisnis yang langsung terkoneksi dengan pasar.

Plt Dekan Fakultas Ilmu Komputer, Erly Krisnanik S.Kom, M.M mengungkapkan adanya kerjasama dan pelatihan literasi digital marketing wujud implementasi dalam mendukung program Pemda untuk meningkatkan SDM.

“Ini nanti akan menjadi objek kami bagaimana membantu mendukung program Pemda untuk meningkatkan SDM. Saat ini baru dari Fakultas Komputer yang berkontribusi. Kedepannya, kita juga melihat ternyata yang bisa dikembangkan tidak hanya FK komputer saja ya ada tentang gizi nanti kita akan kolaborasi juga menumbuhkembangkan magot ya, Fakultas Teknik membantu bank sampah seperti mesin pencacah sampah,” paparnya.

Adapun harapan dari UPN Veteran Jakarta dengan adanya kegiatan kerjasama ini terus berlanjut untuk meningkatkan menjadi desa pintar atau smart village dan dapat berdampak implementasi, dikembangkan serta terjaga. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button