Gen Z

Sahabat Pena Bobo, Cara Berteman Senusantara Sebelum Era Medsos

ZETIZENS.ID – Gen Z kudu tahu. Sebelum internet merajalela, sosmed bisa diakses dengan mudah dan bisa berkomunikasi dengan siapa saja di seluruh nusantara bahkan dunia, berkirim surat adalah jalan ninja menjalin pertemanan.

Nah, majalah Bobo memfasilitasi itu dengan cara menyediakan rubrik Sahabat Pena. Rubrik menampilkan foto juga alamat berbagai orang di penjuru nusantara yang bisa diakal menjadi sahabat pena dengan berkirim surat melalui pos.

Laman Bobo.id, drngan teknologi yang ada sekarang, ada banyak teknologi yang memungkinkan kita untuk mengirim pesan dalam sekejap. Namun untuk anak-anak pada tahun 1970-an sampai tahun 1980-an yang belum memiliki telepon pintar seperti sekarang ini, mereka berkomunikasi menggunakan surat

Pada saat itu media paling terkenal untuk mengirimkan pesan adalah surat dan kartu pos. Surat dan kartu pos ini dikirimkan melalui jasa pos dengan menempelkan prangko.

Prangko ditempelkan oleh pengirim sebagai tanda pembayaran biaya pos.

O ya, saat itu juga banyak orang yang memiliki kegemaran mengumpulkan prangko atau filateli.

Sahabat yang saling berkirim kabar melalui surat disebut juga sahabat pena. Untuk menjadi sahabat pena seseorang tidak harus sudah saling mengenal.

Kita juga dapat bersahabat pena dengan orang-orang lain yang belum kita kenal. Melalui suratlah para sahabat pena saling mengenal.

Mereka saling menuliskan kabar dengan menggunakan pena. Dari situlah muncul sebutan sahabat pena

Majalah Bobo, sebagai majalah anak-anak juga ikut membantu anak-anak Indonesia memiliki sahabat pena dengan membuat rubrik Sahabat Bobo.

Nah, rubrik Sahabat Bobo ini menampilkan pembaca Bobo yang ingin saling mengirim surat atau bersahabat pena. Rubrik ini menampilkan nama, umur, hobi, alamat, dan foto.

Anak-anak yang ingin bersahabat pena dapat memilih teman barunya di rubrik ini.
Teman-teman yang sekarang suka membaca Majalah Bobo tidak dapat lagi menemukan rubrik ini di majalah ini. Namun rubrik Sahabat Bobo sudah lama dihilangkan.

Apakah ayah, ibu, kakek, atau nenekmu ada yang membaca Majalah Bobo waktu kecil?

Coba teman-teman tanyakan apakah mereka pernah memiliki sahabat pena yang dikenal dari Rubrik Sahabat Bobo. (Zee)

Tulisan Terkait

Back to top button