Kuliner

Nasi Gonjleng Kuliner Legenda dari Banten yang Wajib Dicoba

ZETIZENS.ID – Banten memiliki berbagai kuliner khas dan beragam. Salah satu kuliner Banten yang melegenda yakni Nasi Gonjleng. Di Banten, kuliner ini menjadi makanan khas Kota Cilegon, Serang dan Pandeglang.

Nasi Gonjleng bisa jadi pilihan wisata kuliner saat mengunjungi Banten. Salah satunya bisa dinikmati di RT 003/005, Jalan RA. Kartini, Jombang Wetan, Jombang, Cilegon, Banten.

Nasi Gonjleng merupakan kuliner yang memiliki ciri khas rempah Indonesia. Nasi ini jika dilihat mirip dengan nasi kebuli namun untuk rasanya tetap dengan cita rasa lokal.

Biasanya, Nasi Gonjleng akan dihidangkan dengan lauk seperti daging asap atau rabeg, sambal goreng, emping dan juga acar.

Seperti halnya dengan nasi kebuli, nasi gonjleng juga dibumbui dengan rempah-rempah.

Bahan-bahan yang digunakan untuk menambah cita rasa hidangan ini seperti serai, daun salam, cabai, bawang putih, bawang merah serta campuran bunga lawang, ketumbar, jintan dan kapulaga untuk memperkaya rasa.Tak heran jika rasa nasinya gurih berempah.

Untuk membuatnya semakin nikmat, acar asam segar, sambal pedas dan sensasi garam pahit dari emping membuatnya semakin nikmat disantap, menyatukan rasa yang berbeda dalam satu hidangan.

Hidangan ini biasanya disiapkan oleh masyarakat ketika ada hari libur nasional atau hari raya umat Islam. Seperti Isra Miraj, Maulid Nabi, dan Hari Raya Idul Fitri. Namun, sekarang bisa menikmati kuliner ini tidak perlu menunggu acara-acara tersebut. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button