Life Style

Wajib Perhatikan Ini! Sebelum Beli Ponsel Bekas

ZETIZENS.ID – Bagi yang sedang mendambakan smartphone impian namun memiliki budget terbatas, membeli ponsel bekas atau second juga dapat menjadi alternatif untuk memiliki smartphone yang diimpikan sebelumnya.

Membeli smartphone second kini sudah tersedia di mana-mana, baik di offline maupun online. Agar mendapatkan ponsel second berkualitas, perlu memperhatikan tips ini sebelum membelinya. Melansir dari berbagai sumber, berikut tipsnya.

1. Membandingkan Harga Pasaran Smartphone

Jika sudah memiliki incaran produk smartphone, yang perlu diperhatikan ialah membandingkan harga pasar ponsel second. Anda bisa mengecek harga tersebut melalui platform jual beli online atau langsung ke toko offline.

2. Cek Spesifikasi Smartphone

Membeli smartphone second memang rawan. Oleh karenanya, perlu memeriksa spesifikasi smartphone sebelum melakukan transaksi agar smartphone yang dibeli sesuai dengan kebutuhan.

3. Cek Kondisi Fisik Smartphone

Selain mengecek spesifikasi handphone, yang perlu diperhatikan juga untuk mengecek kondisi fisik smartphone untuk memastikan tidak ada kerusakan. Kita bisa memeriksa pada bagian layar, tombol dan lainnya apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak.

4. Cek IMEI Smartphone

Selanjutnya, harus mengecek nomor IMEI terlebih dahulu untuk mengetahui apakah smartphone tersebut resmi atau ilegal. Pasalnya, jika nomor IMEI tidak terdaftar, besar kemungkinan nantinya smartphone tersebut akan terblokir.

Nah, jika tips tersebut sudah dilakukan sebelum melakukan transaksi, dapat mengajukan nego pasalnya, banyak penjual smartphone bekas bersedia untuk negosiasi soal harga. Jangan ragu, namun tawarlah dengan harga wajar. (Ismi)

Tulisan Terkait

Back to top button