Khazanah

Rahasia Mendoakan Orang Lain Secara Diam-diam

ZETIZENS.ID – ”Tidak ada seorang muslim yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berdoa, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim)

Doa merupakan cara mendekatkan diri kepada Allah. Doa juga Menunjukkan kita sebagai hamba yang lemah dan tak berdaya di hadapan-Nya. Sebagai umat muslim dianjurkan dalam setiap langkah dan aktivitas untuk berdoa agar dimudahkan dalam kehidupan di dunia.

Ibadah yang paling mendasar adalah doa. Doa itu tidak perlu mengeluarkan uang, tidak perlu menggerakkan fisik, tidak perlu kerja keras. Doa itu hanya tentang keikhlasan dan ketulusan hati. Dari doa akan membentuk karakter seseorang dalam sikap dan kepribadian yang baik.

Kebanyakan dari kita berdoa hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Dalam ajaran islam diajarkan untuk mendoakan orang lain. Mendoakan orang lain banyak manfaat yang luar biasa. Hal ini banyak yang tidak disadari oleh kita, karena saat berdoa hanya untuk dirinya saja.

Di antara manfaat untuk mendoakan orang lain yaitu; doanya akan dikabulkan dan doanya akan kembali kepada dirinya sebagaimana dia mendoakan kepada orang lain. Kemudian mendoakan orang lain juga sebagai rasa tulus dan cinta terhadap sesama umat Nabi Muhammad bahkan Allah berfirman “Dan Kami Telah memuliakan Anak-anak Adam”. Kemuliaan ini tentu didasari oleh ucapan yang baik dan mendoakan kepada sesama.

Mendoakan kepada sesama umat islam juga akan sebagai sumber rezeki yang tak terduga. Awal mula bahagia dan kesuksesan, karena dalam berdoa seorang hamba sedang berkomunikasi dengan Allah.

Bagaimana mungkin jika seorang hamba meminta dan berdoa kepada Allah lalu tidak dikabulkan? Ini sangat keliru, Allah berfirman : Berdoalah kepada Ku, maka Aku akan mengabulkan doa kalian semua”.

Salah satu ulama hadis yang bernama Ibnu Hibban dalam Shahihnya ada satu bab yang khusus anjuran untuk memperbanyak berdoa kepada saudaranya sesame muslim tanpa sepengetahuan orang yang didoakan. Hal ini menujukkan bahwa penting sekali mendoakan kepada sesama saudaranya.

Doa yang diajarkan oleh guru kami yaitu Allahumagfir Li Ummati Muhammadin Shollollahu Alaihi Wasallam, (Ya Allah Ampunkanlah dosa bagi Umat Nabi Muhammad) Allahumarham Li Ummati Muhammadin Shollollahu Alaihi Wasallam, (Ya Allah sayangilah Umat Nabi Muhammad) Allahummajbur Li Ummati Muhammadin Shollollahu Alaihi Wasallam, (Ya Allah perbaikilah urusan umat Nabi Muhammad) Allahummastur Li Ummati Muhammadin Shollollahu Alaihi Wasallam, (Ya Allah tutuplah aib bagi umat Nabi Muhammad), Allahumma Farrij An Ummati Muhammadin Shollollahu Alaihi Wasallam (Ya Allah lapangkanlah kelegaan bagi Umat Nabi Muhammad). (*)

Ditulis oleh Muhamad Rama Saputra, lulusan UIN SMH Banten yang sedang memperdalam kemampuan berbahasa asing di Pare, Zetizens Face Pendidikan 2023.

Tulisan Terkait

Back to top button