Life Style

Tips Lolos Interview Kerja, Kepoin Nih

ZETIZENS.ID – Interview merupakan salah satu tahapan penting dalam melamar pekerjaan. Mendapatkan panggilan interview merupakan kebahagiaan tersendiri bagi pelamar kerja. Namun yang harus dipikirkan ialah bagaimana agar bisa lolos ke tahap berikutnya.

Interview atau wawancara kerja merupakan percakapan antara dua orang atau lebih untuk mengumpulkan data-data berupa informasi.

Interview kerja biasa dilakukan oleh perusahaan sebelum memperkerjakan seorang karyawan. Dalam tahap interview, Anda akan bertemu dengan perwakilan departemen HRD (Human Resource Development).

Interview kerja bisa dilakukan dengan pimpinan direktur langsung. Aturan interview kerja di setiap perusahaan tentunya berbeda-beda, bergantung budaya kerja yang berlaku di sana.

Dalam tahap ini, kamu akan ditanya banyak pertanyaan oleh pihak rekruter, Tujuan interview ialah untuk mencari kecocokan kualifikasi antara pihak pelamar dengan posisi yang dilamar.

Singkatnya, interview merupakan proses menggali informasi yang dilakukan oleh pihak pewawancara terhadap narasumber.

Tips agar interview kerja berjalan lancar:

1. Hadir 30 Menit Sebelum Wawancara Dimulai

Peribahasa yang tepat untuk menyiapkan dirimu dalam menghadiri wawancara kerja adalah “perahu sudah di tangan, perahu sudah di air”.

Artinya, kita harus siap sedia segala keperluan untuk melakukan atau menghadapi sesuatu. Misalnya, jika wawancaramu dijadwalkan pukul 10 pagi, maka kamu harus mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa saja terjadi kepadamu.

2. Memahami Kelebihan dan Kekurangan

Ketika perkenalan diri saat interview
Setiap posisi pekerjaan memiliki persyaratan dan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh kandidatnya agar dapat memenuhi tanggung jawab yang tertulis dalam deskripsi pekerjaan.

Kamu harus mengenali kelebihan dan potensi diri yang dimiliki untuk ditawarkan sebagai bentuk kontribusi bagi perkembangan perusahaan.

3. Pahami Tentang Perusahaan dan Lowongan yang Dilamar

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami posisi dan latar belakang perusahaan yang dilamar. Caranya adalah dengan melakukan riset terlebih dahulu sebelum hari wawancara.

Jangan lupa ucapkan terima kasih kepada interviewer karena kesempatan yang diberikan. Kamu juga bisa menyelipkan harapan untuk bisa bergabung dengan perusahaan tersebut.

Selain di akhir interview kerja, kirimkan juga ungkapan terima kasih dan ketertarikanmu dengan perusahaan melalui email. Pastikan juga untuk mengirimnya dalam kurun waktu 24 jam setelah interview kerja dan tidak di luar jam kerja. (Elin)

Tulisan Terkait

Back to top button