Viral

Alat Pendeteksi Gempa Kerap Dicuri, Ini Tanggapan Wapres

ZETIZENS.ID – Beberapa waktu lalu beredar kolase berita tentang alat pendeteksi gempa yang dicuri. Misalnya berita tentang aki alat pendeteksi gempa di Balikpapan senilai Rp170 juta dicuri, alat pendeteksi gempa Sesar Palu Karo di Sulteng dicuri, alat pendeteksi gempa BMKG Palu dicuri lagi, dan alat deteksi Gunung Merapi sering dicuri.

Itu hanya beberapa. Masih ada yang lain. Misal Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Palu, Sulawesi Tengah, kembali kehilangan alat pendeteksi gempa yang dipasang di Desa Pombewe, Kecamatan Sigi Biromaru, Kabupaten Sigi. Pencurian yang diduga dilakukan warga setempat itu sudah kali kedua.

Alat yang hilang di antaranya, solar sel dan beberapa perangkat lainnya. Hilangnya alat pendeteksi gempa di stasium mini Pombewe sudah kedua kalinya. Di mana pada 2019 lalu pertama kali kejadian dan pelakunya saat itu sudah ditemukan

Pascahilangnya alat pendeteksi gempa di stasiun mini Pombewe, menyisahkan dua stasiun mini yang bisa mendeteksi gempa di Palu. Stasiun tersisa itu yakni stasiun mini Labuan di Donggala dan Baluase di Sigi. (OL-15)

Ma’ruf Amin dan Mendagri Tito juga menyoroti dugaan pencurian alat deteksi gempa di Gunung Marapi.

Laman Liputan 6 menulis, Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin, angkat bicara mengenai dugaan pencurian alat deteksi gempa di Gunung Marapi, Sumatera Barat.

Ma’ruf meminta, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam dan BPBD Tanah Datar bekerja sama dengan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) untuk memperketat pemantauan, termasuk terhadap alat deteksi gempa atau erupsi gunung api yang rawan hilang.

Hal ini seperti terjadi pada alat pemantau Gunung Marapi yang sempat dicuri, sehingga erupsi sulit dideteksi

Hal yang sama juga disampaikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian. Menurut dia, perlu langkah antisipasi guna mencegah terjadinya pencurian alat deteksi gempa.

Tito juga berencana mengadakan rapat dengan seluruh kepala daerah supaya lebih responsif dalam menghadapi potensi bencana di daerah masing-masing. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button