Traveling

Pitu Si Paling Tipis Kedua di Dunia, Hotel Ini Ada di Indonesia

ZETIZENS.ID – Pernahkah terpikirkan ada sebuah hotel yang berukuran tipis? Sebab biasanya hotel memiliki ukuran yang besar dan megah serta memakan tempat untuk ukuran luasnya.

Tapi kini ada hotel terlangsing kedua di dunia, dan hotel tersebut terletak di Indonesia tepatnya di Kota Salatiga, Jawa Tengah.

Hotel unik tersebut bernama Pitu Rooms yang dibuka pada 2 Desember 2022 lalu. Disebut hotel tipis karena lebar bangunan Pitu Rooms hanya 2,8 meter. Sementara panjangnya adalah 9,5 meter dan tingginya 17 meter.

Dengan luas bangunan yang bahkan tidak sampai 3 meter, wajar jika hotel ini dijuluki hotel terlangsing kedua di dunia, sedangkan untuk hotel tipis pertama di dunia ada di negara Jerman.

Di Pitu Rooms ini memang hanya terdapat 7 kamar, sesuai namanya yang memiliki arti tujuh. Dengan keterbatasan luas tanah, pendiri hotel ini merasa cukup dengan hanya menyediakan tujuh kamar.

“Awalnya saya melihat ada tanah kecil di tengah kota tapi tidak terawat. Saya kemudian bertanya, katanya memang sudah lama dijual tapi tidak pernah laku karena lebarnya cuma 3 meter,” terang sang founder, Ary Indra.

Kebetulan, Ary pendiri hotel Pitu Rooms ini merupakan seorang arsitek. Berbekal dari pengetahuannya di bidang arsitektur, dalam imajinasinya terpikirkan untuk membuat hotel berukuran tipis.

Meskipun Pitu Rooms ini ramping, tapi ternyata hotel ini sangat tahan terhadap guncangan gempa.

“Bangunan ini sudah mengikuti peta kegempaan terbaru Indonesia dan standar SNI 1726:2021,” ujar Ary.

Tak hanya itu, hotel langsing si kecil cabe rawit ini juga dilengkapi dengan kamar standar hotel berbintang seperti TV Digital, AC, kulkas dan juga kamar mandi dalam.

Walaupun ukurannya kecil, hotel ini dilengkapi lift capsule yang hanya cukup untuk satu orang. Selain itu, di hotel ini juga terdapat kafe rooftop yang bisa dikunjungi oleh pengunjung ataupun bukan.

Hotel tipis dan ramping ini tentu menjadi daya tarik tersendiri untuk para pengunjung yang mencari tempat penginapan.

Dari jendela di kamar, terlihat view indah Gunung Merbabu. Hal menarik lainnya ialah Pitu Rooms menyediakan paket tiur jalan-jalan yang disebut dengan Pitu Tour, di mana customer tak hanya menginap di Pitu Rooms, tetapi akan berjalan-jalan di daerah Salatiga, juga ke kota tetangga lainnya.

Kisaran harga untuk dapat menginap di kamar hotel ini berdasarkan harga di situs resminya mulai dari Rp 650.000 sudah termasuk sarapan. (Sarah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button