Viral

Oompa Lompa, Makhluk Hijau Jingga dari Film Wonka

ZETIZENS.ID – Oompa Lompa dari film Wonka mencuri perhatian. Makhluk berambut hijau berwajah jingga ini bikin gemes karena suka mencuri cokelat Wonka.

Di Charlie And The Chocolate Factory, Oompa Loompa adalah pekerja kecil di pabrik yang diimpor Wonka dari Loompaland.

Sosoknya kembali hadir di film baru Wonka yang menceritakan kisah pembuat coklat Willy Wonka (Timothée Chalamet) sebelum dia membuka pabrik cokelatnya dan menjadi pembuat cokelat paling terkenal sejagat raya.

FYI, Oompa Loompa adalah tokoh kunci dalam cerita karangan Roald Dahl tersebut.

Manusia kerdil dengan kemampuan istimewa itu didatangkan Willy Wonka dari negerinya, Loompaland. Mereka menjadi satu-satunya ras manusia yang diizinkan bekerja di pabrik cokelat milik Willy Wonka.

Nah, dalam film Wonka, Oompa Loompa diperankan oleh aktor top Hugh Grant. Ia digambarkan memiliki kulit orange, beralis putih, dan berambut hijau menyala. Sebagaimana layaknya aristokrat Inggris, ia mengenakan setelan tweed dan crakow shoes yang ujungnya lancip.

Di novel, tidak banyak dijelaskan kepribadian Oompa Loompa, karena Roald Dahl tidak memberinya banyak dialog.

Penggambaran

Dalam Willy Wonka and the Chocolate Factory versi 1971, Oompa Loompa digambarkan berkulit orange dan berambut hijau.

Dalam Charlie and the Chocolate Factory buatan Tim Burton yang dirilis pada 2005, Oompa Loompa-nya lebih aneh lagi. Kulitnya cokelat, rambutnya hitam, dan selalu cemberut. Paul King sutradara film Wonka memilih mengadaptasi penampilan Oompa Loompa versi 1971.

Buku

Pada edisi awal novel, mereka ditampilkan sebagai orang pigmi Afrika. Mengikuti kritik, di edisi selanjutnya buku tersebut, mereka berkulit putih dan berambut emas.

Mereka berasal dari Loompaland, yang merupakan wilayah Loompa, sebuah pulau kecil terpencil di hangdoodles.

Ketika Tuan Wonka pergi ke Loompaland dan melihat kondisi mengerikan yang dialami para Oompa Loompa, dia mengundang mereka untuk datang dan bekerja di pabriknya untuk menjauh dari negara mengerikan yang mereka tinggali dan makhluk-makhluk yang memangsa mereka: yaitu, para Whangdoodles, Hornswogglers, dan Snozzwanger.

Dalam buku tersebut, Oompa Loompa adalah satu-satunya orang yang diizinkan oleh Tuan Wonka untuk bekerja di pabriknya, karena risiko spionase industri yang dilakukan oleh saingannya dalam pembuatan permen.

Mereka hanya setinggi lutut, dengan potongan rambut yang menakjubkan, dan dibayar dengan makanan favorit mereka, biji kakao, yang sulit ditemukan di Loompaland. Meskipun Oompa Loompa awalnya hanya berbicara dalam bahasa mereka sendiri, Oompa-Loompish (yang untungnya fasih digunakan oleh Tuan Wonka), mereka semua sekarang berbicara bahasa Inggris.

Namun, Oompa Loompa bersikeras mempertahankan pakaian asli mereka: laki-laki mengenakan kulit dan perempuan mengenakan dedaunan, sedangkan anak-anak tidak mengenakan apa pun. (Di kedua film tersebut, mereka mengenakan seragam khas pekerja pabrik).

Hanya Oompa-Loompa laki-laki yang terlihat bekerja di pabrik, meskipun dalam ilustrasi Quentin Blake, baik Oompa-Loompa laki-laki maupun perempuan ditampilkan menggulingkan Violet Beauregarde setelah transformasinya menjadi blueberry. Agaknya, perempuan-perempuan itu tetap berada di desa yang terlihat sebentar dari Great Glass Elevator.

Mereka juga nakal, menyukai lelucon lucu yang praktis, dan bernyanyi. Saat setiap anak keluar, mereka menyanyikan lagu-lagu yang berbeda-beda dengan diiringi tabuhan drum.

Film

Dalam film Willy Wonka & the Chocolate Factory tahun 1971, mereka digambarkan sebagai karakter berkulit oranye dengan rambut hijau dan alis putih dan diperankan oleh Rudy Borgstaller, George Claydon, Malcolm Dixon, Rusty Goffe, Ismed Hassan, Norman McGlen, Angelo Muscat, Pepe Poupee, Marcus Powell, dan Albert Wilkinson.

Dalam film tersebut, Vermicious Knids juga merupakan musuh Oompa-Loompa bersama dengan Whangdoodles, Hornswogglers, dan Snozzwangers.

Dalam film adaptasi Charlie and the Chocolate Factory tahun 2005 yang dibintangi Johnny Depp, aktor Kenya Deep Roy memainkan 165 Oompa Loompa.

Deep Roy harus mengikuti kelas Pilates dan menari untuk peran ini yang melibatkan banyak lagu dan tarian. Selain itu, dia berpakaian seperti Oompa-Loompa perempuan yang bekerja di kantor administrasi.

Sementara di film Wonka 2023, Oompa Lompa diceritakan mengikuti Wonka karena ia diusir dari Loompa Land. Saat ia berjaga pohon kakau, Wonka datang dan mengambil empat buah kakao.

Karema Oompa Lompa dianggap lalai, tertidur saat berjaga dan membiarkan kakao dicuri, Oompa pun diusir dari Pulau.

Wait, tonton film Wonka 2023 deh, lagu Oompa Lompa-nya earworm banget. Terngiang-ngiang sampai keluar dari bioskop. (Hilal)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button