PLN UID Banten Dukung Kelancaran Mobilitas Kendaraan Listrik

ZETIZENS.ID – Pada momen arus balik Idul Fitri 1446 H, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Banten kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung kelancaran mobilitas kendaraan listrik (EV) di jalur-jalur strategis saat mudik hingga arus balik Idul Fitri 2025.
Dengan 91 titik Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar, total 163 unit EV Charger siap melayani pengguna kendaraan listrik, terutama di titik-titik krusial seperti Rest Area hingga Pelabuhan Merak.
Tidak hanya menawarkan layanan teknis yang optimal, kehadiran SPKLU juga mencatatkan capaian positif dalam hal transaksi. Selama periode mudik hingga arus balik Lebaran 2025 (28 Maret 2025 – 6 April 2025), SPKLU di wilayah Banten mencatatkan nilai transaksi sebesar 19.716 kWh (kilo-watt hour).
Angka ini mencerminkan peningkatan transaksi yang luar biasa, dengan kenaikan hingga 6 kali lipat dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya, menunjukkan antusiasme masyarakat yang semakin tinggi dan merasa aman serta nyaman mudik menggunakan mobil listrik.
General Manager PLN UID Banten, Moch. Andy Adchaminoerdin, yang akrab disapa Andy Acha, menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pemudik pengguna mobil listrik yang telah memanfaatkan layanan SPKLU PLN dalam menunjang kelancaran perjalanan menuju kampung halaman saat mudik maupun arus balik kembali ke tempat semula.
“Kami ingin memastikan pengguna mobil listrik dapat melakukan perjalanan mudik dengan tenang dan nyaman termasuk saat kembali lagi. SPKLU kami disiapkan sepenuhnya dengan dukungan petugas yang siaga, serta inovasi layanan digital Trip Planner pada aplikasi PLN Mobile, yang memudahkan navigasi dan manajemen waktu pengisian daya,” jelasnya.
Andy Acha merasa terkesan bahwa ternyata banyak masyarakat yang tidak khawatir dan ragu menggunakan mobil listrik. Ia berharap agar lebih banyak lagi masyarakat yang mudik ke kampung halaman menggunakan mobil listrik pada periode Idul Fitri tahun depan.
PLN UID Banten akan sepenuh hati memberikan layanan SPKLU terbaik, termasuk menambah sebaran jumlah titik SPKLU.
Salah satu pemudik, Anton, yang berasal dari Tangerang dan melakukan perjalanan ke Palembang bersama keluarganya, mengungkapkan rasa kagumnya terhadap kesiapan SPKLU di jalur mudik, terutama di area Pelabuhan Merak.
“Awalnya saya sempat khawatir soal jarak tempuh dan lokasi pengisian daya, tapi ternyata SPKLU-nya tersebar merata dan semuanya bisa digunakan tanpa kendala. Aplikasi PLN Mobile sangat membantu. Rasanya seperti memiliki peta digital khusus untuk kendaraan listrik, jadi mudik kali ini jauh lebih tenang,” ungkap Anton.
Langkah ini menunjukkan bahwa PLN tidak hanya menyediakan infrastruktur pengisian daya yang andal, tetapi juga terus membangun kepercayaan dengan menghadirkan layanan digital yang berkelanjutan dan memudahkan pengguna kendaraan listrik. (Hilal)