Life Style

7 Minuman Herbal yang Ampuh untuk Bersihkan Ginjal

ZETIZENS.ID – Tahukah kamu bahwa detoksifikasi atau membersihkan ginjal bisa menghilangkan kelebihan air dan produk limbah dari darah?

Efeknya, ginjal jadi bersih dan sehat yang juga berpengaruh terhadap kesehatan tubuh. Sisa racun dan metabolisme yang mengendap di tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan ginjal dan tubuh secara keseluruhan.

Oleh karena itu, organ ginjal sebagai penyaring racun dan sisa metabolisme di aliran darah perlu didetoksifikasi untuk menjaga kondisinya agar tetap dalam keadaan baik.

Berikut beberapa minuman herbal pembersih ginjal yang bisa dicoba.

1. Air Putih

Air putih sangat berperan penting untuk fungsi ginjal secara menyeluruh. Meminumnya di pagi hari juga sangat membantu membuang racun dan produk limbah dari tubuh untuk mengurangi ketegangan pada ginjal.

Ginjal sebenarnya akan tetap berfungsi dengan baik selama memperhatikan asupan air putih dan makan buah serta sayuran sehat. Tapi, kebanyakan orang justru menjalani pola makan yang buruk dan jarang minum air putih.

2. Air Kunyit

Salah satu ramuan herbal yang terbuat dari campuran kunyit ini berguna untuk mengobati semua jenis penyakit ginjal. Dikemas dengan kurkumin, menjadikan ramuan ini sebagai sumber antioksidan dan memiliki sifat anti inflamasi yang baik. Kedua khasiat tersebut sangat bermanfaat untuk melindungi ginjal dari segala jenis kerusakan.

3. Teh Hijau Alami

Minuman yang dikemas dengan kandungan antioksidan ini bisa melindungi ginjal dari stres oksidatif. Kandungan polifenol dalam teh hijau cukup tinggi. Sementara kandungan kafeinnya justru rendah. Maka teh hijau alami tanpa pemanis diketahui dapat membantu mencegah perkembangan penyakit ginjal.

4. Air Lemon

Ketika memulai hari dengan campuran segelas air hangat dan lemon, bermanfaat untuk membuang racun dari ginjal. Tak hanya menyegarkan dan menghidrasi tubuh, air lemon juga bisa membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Kandungan asam sitrat pada lemon, memiliki efek alkali pada tubuh yang membantu melindungi ginjal dari kerusakan akibat zat asam.

5. Jus Apel

Selain segar, minuman yang satu ini juga bisa membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Sebab jus apel merupakan sumber potasium yang penting untuk fungsi ginjal dan bermanfaat untuk mengatur tekanan darah serta menyeimbangkan cairan dalam tubuh.

6. Jahe Hangat

Selain berfungsi untuk menghangatkan tubuh, mengonsumsi minuman jahe hangat ampuh membersihkan ginjal sebab jahe dipercaya efektif membatasi toksisitas ginjal.

7. Jus Cranberry

Buah cranberry telah lama dipercaya sebagai pengobatan herbal untuk kesehatan saluran kemih dan ginjal. Cranberry juga dapat membantu proses pembersihan ginjal dari kelebihan kalsium oksalat, penyebab utama batu ginjal. Agar lebih sehat, baiknya memilih buah cranberry yang organik, dan dibuat menjadi minuman jus tanpa gula tambahan.

Itulah beberapa minuman herbal yang dipercaya ampuh membersihkan ginjal dan membuang racun di tubuh secara efektif. Selamat mencoba! (Sarah)

Tulisan Terkait

Back to top button