Viral

Sungai di Depok Berbusa Seperti Negeri di Atas Awan, Tercemar Limbah

ZETIZENS.ID – Beberapa waktu lalu, Sungai Kali Baru di Kota Depok, Jawa Barat, menjadi perhatian lantaran mengalami pencemaran yang menyebabkan sungai ini berbusa bak negeri di atas awan.

Hal tersebut menjadi kekhawatiran bagi warga di sana karena busa putih itu muncul hingga ke permukaan.

Fenomena ini viral di media sosial dan tengah diselidiki oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok.

Kehebohan ini bermula dari tersebarnya foto dan video sungai ini di media sosial, di mana netizen membandingkan pemandangan sungai berbusa dengan ‘negeri di atas awan’.

Berdasarkan laporan dari pihak warga, Abdul Rahman selaku kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan mengatakan sumber busa yang diperkirakan kemungkinan berasal dari limbah domestik atau industri.

“Kami menerima laporan dari warga dan langsung meninjau lokasi. Penyelidikan lebih lanjut sedang kami lakukan untuk menemukan penyebab pasti dari peristiwa ini,” ujar Abdul Rahman.

Upaya pun dilakukan untuk mengetahui penyebab adanya fenomena sungai berbusa layaknya negeri di atas awan.

“Kami sedang melakukan penelusuran menyeluruh mulai dari badan sungai hingga ke sumber-sumber yang diduga membuang limbah. Ini termasuk perumahan dan pabrik-pabrik di sekitar lokasi,” jelas Abdul Rahman.

Video yang mengundang reaksi publik juga diunggah melalui media sosial TikTok bernama akun @infodepok pada 27 November 2023 kemarin.

Dalam keterangan yang ditulis dalam unggahan tersebut, disebutkan bahwa sungai berubah menjadi seperti negeri di atas awan tapi karena tercemar oleh limbah.

“Ini bukan negeri diatas awan, ini adalah penampakan sebuah yang sungai yang diduga tercemar limbah.

Lokasinya berada di Kali Baru, dekat Taman Duta, Gang Musholla Tugu, Cimanggis – Depok pada Senin sore, 27 Nov 2023. Belum diketahui sumber busa tersebut dari mana asalnya,” tulis akun tersebut dalam captionnya.

Fenomena busa putih yang menutupi sungai di Depok seperti negeri di atas awan tersebut langsung menjadi sorotan netizen di media sosial, terutama di TikTok.

“Limbah kimia itu kayanya, kalo air sabun ga mungkin 1 sungai ketutupan busa,” ujar netizen mengira-ngira.

“Negeri di atas limbah,” celetuk yang lainnya. “Gue yakin ini sabun dituang sekebon, di uwel-uwel jadi kolam awan. Tapi aernya ga ada,” tambah netizen lain. (Sarah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button