Viral

Juara di Miss Universe 2023, Sheynnis Palacios Malah Tak Disukai Pemerintah Nikaragua

ZETIZENS.ID – Sheynnis Palacios, warga Nikaragua, memenangkan kontes Miss Universe 2023.

Namun, kemenangannya menimbulkan kontroversi dan kritik dari pemerintah Nikaragua.

Ketidakpuasan pemerintah tampaknya berasal dari fakta bahwa Palacios dianggap sebagai pendukung oposisi di Nikaragua.

Awalnya, pemerintah mengucapkan selamat atas kemenangannya, menganggapnya sebagai kesempatan untuk memperbaiki citra pemerintah. Namun, situasinya berubah, dan kemenangan Palacios dianggap tidak menyenangkan oleh pemerintah.

Alasan pasti kemarahan pemerintah tidak dijelaskan secara eksplisit. Namun, salah satu kemungkinan alasannya ialah bahwa Palacios dianggap terlibat dalam aksi protes terhadap pemerintah pada 2018.

Hal inilah yang akhirnya membuat Pemerintah Nikaragua menilai pencapaian Sheynnis di kontes kecantikan tersebut bisa jadi bumerang bagi rezim yang saat ini dipimpin oleh Presiden Daniel Ortega.

Lebih jelasnya, pemerintah memberikan selamat atas kemenangan Sheynnis Palacios di malam final Miss Universe 2023 yang digelar di El Salvador, pekan lalu.

Mereka menilai dengan berjayanya Nikaragua di kompetisi tersebut bisa memulihkan citra pemerintahan yang terisolasi dan represif di mata internasional.

Namun kegembiraan dan kebanggaan yang diungkapkan pemerintahan Daniel Ortega dalam sebuah pernyataan, dirilis pada Minggu, 19 November 2023 berubah menjadi sebuah kecaman.

Kemenangan Sheynnis Palacios dinilai telah membuat oposisi Nikaragua gembira. Pendeta Katolik Roma Silvio Báez, salah satu dari puluhan pastor yang dipenjara atau diasingkan oleh pemerintah, mengucapkan selamat kepada sang ratu kecantikan di akun media sosialnya.

Lalu, berangkat dari hal tersebut Wakil Presiden dan Ibu Negara Nikaragua Rosario Murillo kemudian mengecam berbagai situs media sosial oposisi yang merayakan kemenangan Sheynnis sebagai kemenangan bagi oposisi. (Sarah)

Hilal Ahmad

Gen Z Enthusiast yang suka menulis apa pun dan bertualang ke mana pun!

Tulisan Terkait

Back to top button