Edu

Unicharm Gandeng Syifa Hadju Ajak Pelajar Terlibat SADARI untuk Cegah Kanker Payudara Sejak Dini

Unicharm menggelar edukasi periksa payudara sendiri (SADARI) kepada lebih dari 400 siswi SMP dan SMA di Jakarta.

ZETIZENS.ID – Dalam rangka memperingati Bulan Peduli Kanker Payudara pada Oktober 2024, PT Uni-Charm Indonesia Tbk (Unicharm) melalui brand Charm, bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), menggelar edukasi periksa payudara sendiri (SADARI) kepada lebih dari 400 siswi SMP dan SMA di Jakarta.

Edukasi ini mengusung slogan “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2022. Langkah ini dilakukan untuk menekankan pentingnya deteksi dini kanker payudara.

Syifa Hadju selaku Brand Ambassador Charm ikut terlibat dalam edukasi kampanye Unicharm yang juga telah memasang logo “Ayo SADARI Setelah Menstruasi” pada kemasan produk Charm dan CharmNap.

Kampanye ini bertujuan untuk mengingatkan para wanita agar rutin melakukan SADARI setelah menstruasi, yaitu antara hari ke-7 hingga ke-10 dari hari pertama menstruasi.

Harapannya, kebiasaan ini dapat membantu mendeteksi kanker payudara lebih awal, sehingga risiko penyakit dapat diminimalisasi.

“Aku merasa kegiatan ini sangat penting, terutama bagi remaja putri, untuk memahami bagaimana menjaga kesehatan diri sejak dini. Aku sendiri sudah mulai membiasakan diri untuk melakukan SADARI secara rutin,” katanya.

Syifa berharap para peserta bisa menyebarkan pengetahuan yang mereka peroleh kepada keluarga dan teman, sehingga makin banyak wanita yang sadar akan pentingnya deteksi dini kanker payudara.

Nggak hanya Syifa Hadju, kegiatan edukasi ini juga menghadirkan dokter spesialis Bedah Onkologi, Iskandar.

Ia menjelaskan, jika kanker payudara dapat ditemukan pada tahap awal, peluang penyembuhannya akan jauh lebih tinggi.

“Oleh karena itu, penting bagi setiap wanita untuk rutin memeriksa payudara sendiri setiap bulan,” kata Iskandar pada Rabu (2/10/2024).

Iskandar juga menekankan pentingnya pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan berbagai penyakit, termasuk kanker payudara.

Sri Haryani, Direktur Uni-Charm Indonesia menegaskan perusahaan berkomitmen untuk terus mendukung kampanye deteksi dini kanker payudara melalui berbagai inisiatif.

“Kami berharap, dengan edukasi yang kami lakukan dan melalui logo di kemasan produk, semakin banyak wanita yang teringat dan termotivasi untuk melakukan SADARI setiap bulannya,” tutur Sri.

Inisiatif ini juga sejalan dengan visi Unicharm untuk berkontribusi dalam melindungi kesehatan wanita Indonesia, sekaligus mendukung pencapaian generasi Indonesia Emas 2045 yang sehat dan berdaya. (*)

Al Sobri

Senang menyapa meski kadang nggak balik disapa. Suka berlari meski kadang nggak dapat medali. Journalist.

Tulisan Terkait

Back to top button